7 Cara Mengatasi Keringat Buntet Pada Wajah Yang Bisa Anda Praktekkan Sendiri Di Rumah

Biang keringat atau keringat buntet pada wajah bisa dialami oleh siapa saja. Mulai dari bayi hingga orang dewasa. Penyebab utama terjadinya keringat buntet ini adalah terjebaknya keringat pada bagian bawah kulit dan belum diketahui karena ada beberapa faktor pemicunya. Maka dari itu, berikut ini adalah 7 cara mengatasi keringat buntet pada wajah yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah :

1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Cara mengatasi keringat buntet pada wajah yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Selain untuk memutihkan wajah, lidah buaya juga bisa mengobati biang keringat. Untuk mengatasi keringat buntet pada wajah dengan menggunakan lidah buaya adalah potong lidah buaya kemudian ambil gelnya.

Setelah itu oleskan pada wajah Anda yang terkena keringat buntet. Diamkan selama lebih kurang 20 menit kemudian cuci bersih wajah Anda. Cara ini bisa Anda lakukan selama sehari dalam seminggu. Sifat dingin yang ada pada lidah buaya ini diyakini bisa mengurangi rasa gatal pada wajah yang terkena biang keringat.

2. Meminum Jus Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi keringat buntet pada wajah. Buah ini memiliki kandungan 90% air. Hal ini sangat bermanfaat untuk meredakan gatal serta perih yang disebabkan oleh biang keringat.

Untuk mengolah semangka menjadi penawar sebagai cara mengatasi keringat buntet adalah dengan dioleskan ke wajah serta diminum atau dimakan. Mudahnya, Anda bisa blender buah semangka lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena keringat buntet. Diamkan hingga agak kering kemudian cuci menggunakan air bersih. Sisa jus semangka tadi bisa Anda minum agar kulit tetap segar.

3. Menggunakan Potongan Timun

Cara mengatasi keringat buntet pada wajah selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan timun. Timun memberi efek dingin pada wajah sehingga akan mengurangi rasa gatal pada wajah yang terkena keringat buntet. Cara menggunakan timun ini adalah potong tipis timun menjadi beberapa iris. Setelah itu, rendam timun di dalam air dan beri perasan air jeruk nipis selama 10 menit.

Apabila sudah, letakkan potongan timun ini di wajah yang terkena keringat buntet lalu biarkan hingga 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini 3 kali sehari dalam satu minggu atau sampai keringat buntet sembuh.

4. Mengompres Dengan Larutan Soda Kue

Kemudian Anda bisa menggunakan soda kue sebagai cara mengatasi keringat buntet pada wajah. Soda kue ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan biang keringat. Karena soda kue ini akan melepaskan sel-sel kulit mati atau kotoran yang menghambat keringat keluar. Cara mengolahnya adalah ambil satu sendok teh soda kue kemudian campur dengan satu gelas air di dalam mangkok.

Siapkan kapas wajah kemudian celupkan kapas pada larutan soda kue dan kompres pada area yang terkena keringat buntet. Tunggu selama 10 menit lalu cuci wajah dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari dalam satu minggu.

5. Balurkan Larutan Tepung Besan Atau Gram Flour

Tepung besan atau gram flour merupakan tepung yang terbuat dari olahan kacang arab. Kandungan dari tepung besan ini mampu menyerap kotoran yang menyumbat ke pori-pori kulit. Tepung besan juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi keringat buntet pada wajah. Cara mengolahnya adalah siapkan mangkok kemudian masukkan 3 sendok makan gram flour.

Setelah itu beri sedikit air hingga terbentuk adonan encer. Balurkan adonan pada area yang terkena biang keringat. Lalu biarkan sampai agak kering dan cuci bersih kira-kira 10 menit setelah agak kering. Cara ini bisa Anda lakukan sehari sekali dalam satu minggu.

6. Usapkan Larutan Tanah Liat Dengan Air Mawar

Tanah liat merupakan obat alami yang juga populer dan terbukti mengobati biang keringat pada wajah. Dan banyak juga toko kecantikan yang juga menjual bubuk tanah liat. Karena rasa dingin yang ada pada tanah liat bisa mengurangi rasa gatal, iritasi, serta peradangan. Selain itu, tanah liat juga bisa menyerap kotoran yang menyumbat pori-pori.

Cara mengatasinya adalah Anda harus menyiapkan tanah liat dan juga air rendaman bunga mawar kemudian campur kedua bahan ini. Lalu usapkan pada wajah yang terkena keringat buntet kemudian biarkan kering. Setelah kering, cuci dengan menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan cara ini satu hari satu kali dalam seminggu.

7. Mengompres Dengan Larutan Oatmeal

Yang terakhir Anda juga bisa menggunakan oatmeal. Khasiat oatmeal ini juga sama seperti tanah liat, yaitu memberi rasa dingin dan bermanfaat untuk mengatasi gatal karena keringat buntet. Untuk mengatasi keringat buntet dengan menggunakan oatmeal adalah Anda bisa menghaluskan oatmeal hingga berbentuk seperti tepung.

Lalu siapkan mangkok kecil dan kapas wajah dan campurkan oatmeal dan air secukupnya sampai putih encer. Setelah itu celupkan kapas wajah dan kompres bagian wajah yang terkena keringat buntet. Apabila kapas sudah kering, kemudian celupkan kembali ke adonan yang tadi Anda buat. Jika sudah 30 menit, Anda bisa mencuci bersih wajah Anda lalu keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut. Cara ini bisa Anda lakukan dua kali sehari dalam waktu seminggu.