7 Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat Dan Resep Dari Dokter

Penderita vertigo akan merasakan berbagai tantangan untuk menjalani kegiatan sehari hari mereka. Seperti untuk berdiri juga sulit karena selalu ingin jatuh, dan jika melihat sekeliling akan terasa seperti berputar putar. Untuk itu diperlukan istirahat yang berlebih untuk penderita vertigo yang sedang kambuh. Jika anda dan orang di sekeliling anda ada yang menderita vertigo dan ingin mengetahui cara mengatasinya namun tidak mau mengonsumsi obat dari dokter, tidak ada salahnya jika anda mencoba mencari tau cara mengatasi vertigo tanpa obat. Bagaimana caranya? Mari simak pembahasan di bawah ini.

1. Meminum Air Putih Yang Banyak

Untuk menjaga pola hidup sehat tentunya kebutuhan tubuh juga harus terpenuhi, tak terkecuali kebutuhan akan asupan air putih. Minumlah air minimal tujuh gelas dalam sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Apa hubungannya antara kebutuhan cairan dengan penyakit vertigo? Jawabannya adalah karena kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit vertigo. Untuk itu anda perlu membiasakan meminum air 7 sampai 10 gelas dalam sehari sebagai salah satu cara mengatasi vertigo tanpa obat.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Banyak makan makanan berprotein tinggi adalah cara mengatasi vertigo tanpa obat selanjutnya. Penyakit vertigo merupakan penyakit yang salah satu penyebabnya adalah terganggunya sistem saraf. Untuk itu anda yang menderita penyakit vertigo dapat mengonsumsi makanan dengan tinggi protein. Karena protein merupakan zat yang dapat menjaga sel sel yang berada pada tubuh. Selain menjadi sel, protein juga dapat memperbaiki saraf yang kurang baik dan memperlancar aliran darah. Makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, ayam, dan berbagai macam kacang kacangan. Sehingga penderita vertigo disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

3. Latihan Memperdalam Konsentrasi

Lakukan cara mengatasi vertigo tanpa obat ini ketika anda merasa mual. Mengapa demikian? Karena mual tersebut merupakan pertanda bahwa penyakit vertigo muncul atau kambuh. Anda dapat melatih konsentrasi dengan menatap satu objek selama kurang lebih lima menit. Latihan menatap dengan konsentrasi tinggi pada salah satu objek tertentu akan meminimalisir kemungkinan anda kehilangan kesadaran saat vertigo kembali muncul.

4. Hindarilah Makanan Yang Memiliki Rasa Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas memang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Salah satunya dapat memperlancar aliran darah. Jika peredaran darah dalam tubuh terutama yang menuju ke otak tidak lancar, maka akan menyebabkan rasa sakit pada kepala. Untuk itu rasa pedas juga dapat menjadi solusinya. Akan tetapi selain manfaat yang ditimbulkan, pedas juga memiliki efek negatif yang ditimbulkan. Seperti gangguan pencernaan semacam sakit perut. Untuk itu anda juga dituntut bijak dalam memilih bahan sebagai obat mengatasi penyakit anda.

5. Banyak Melakukan Latihan Secara Fisik

Selain baik untuk kesehatan, ternyata melakukan latihan fisik juga dapat mengobati beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit vertigo. Latihan fisik ini berupa gerakan ringan seperti mengayunkan tangan, memutar persendian, dan beberapa gerakan lainnya. Dalam masalah penyakit vertigo yang paling merasa terganggu adalah indera penglihatan. Untuk itu anda bisa lakukan gerakan seperti menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri. Dan gerakan tersebut dapat membatu keadaan anda lebih baik ketika sakit vertigo menyerang.

6. Banyak Mengonsumsi Berbagai Susu Susuan

Salah satu olahan susu yang sekarang sedang naik daun adalah yoghurt. Selain gizi yang dikandungnya banyak, beberapa manfaat lain juga dapat dirasakan ketika mengonsumsi makanan yang berbahan dasar susu. Untuk penderita vertigo disarankan untuk meminum segelas susu sebelum tidur untuk menjaga stamina tubuh menjadi lebih baik.

7. Menghirup Aroma Terapi

Dengan mencium bau bauan seperti aroma terapi akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dan tenang. Aroma terapi dengan aroma citrus juga dapat meredakan rasa mual yang muncul karena penyakit vertigo. Jika anda tidak memiliki aroma terapi di dekat anda saat penyakit vertigo menyerang, anda dapat menggunakan sesuatu yang menghasilkan wewangian seperti minyak kayu putih. Karena tujuannya adalah untuk merenggangkan otot otot kepala yang tegang dan mengurangi rasa nyeri yang muncul disebabkan oleh serangan vertigo.

Berbagai cara mengatasi vertigo sebenarnya masih banyak lagi. Dan di pembahasan kali ini anda sudah mengetahuinya sebanyak tujuh cara. Sisanya dapat anda cari tau sendiri dengan mencari beberapa sumber bacaan lainnya. Dengan begitu anda sudah tidak perlu merasa khawatir jika suatu hari orang di sekeliling atau anda sendiri mengalami serangan vertigo dengan tiba tiba. Memang sekarang banyak obat kimia yang terbukti ampuh untuk mengatasi vertigo. Namun jika anda terus-terusan minum obat pada saat mengalami vertigo, resiko yang akan timbul adalah ketergantungan akan obat tersebut. Meminum obat vertigo sebaiknya menjadi jalan terakhir apabila cara-cara di atas sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil.