7 Cara Mengobati Tifus Yang Sederhana Dan Mudah

Akhir-akhir ini musim di negara kita tidak menentu. Banyak penyakit yang terjadi karena kurangnya kekebalan tubuh pada masing masing individu. Misalnya yaitu penyakit tifus atau dengan kata lain tipes. Ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang bernama Salmonella typhi. Saat kita terserang tifus, bakteri akan berkembang didalam usus sehingga menyebabkan tubuh menjadi demam. Gejala ini biasanya terjadi pada pagi hari atau malam hari. Untuk itu, kita harus menjaga pola makan dan pola hidup yang teratur sehingga tidak mudah virus ini menyebar. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengobati tifus yang sederhana.

Penyebab Penyakit Tifus

Memang penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyakit ini dapat disebabkan melalui beberapa media. Seperti melalui makanan, minuman, air dan dari tubuh penderita tifus. Menurut data penelitian, penduduk yang bertempat tinggal di negara berkembang sangat rentan dengan penyakit ini. Karena terdapat debu dan sistem imun yang terdapat di dalam dirinya lebih lemah. Untuk itu, kita harus benar benar bisa menjaga keseimbangan dan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit tifus.

Cara Mengobati Tifus Yang Mudah

Penyakit Tifus menyarng sistem imun dalam tubuh penderita. Sebenarnya penyakit ini dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Namun harus benar benar rutin dan dijaga. Inilah Cara Mengobati Tifus yang mudah dan sederhana :

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Tifus merupakan penyakit yang menyerang karena imun atau kekebalan tubuh kita lemah. Untuk itu, kegiatan untuk konsumsi  harus dijaga. Baik untuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral semuanya harus seimbang. Untuk siapa saja yang terserang tifus, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut dan tidak terlalu kasar. Seperti bubur atau yang lainnya. Kita bisa menambahkan sayur yang lembut atau ikan laut untuk lauknya. Dengan begitu, gizi kita akan terpenuhi dengan baik dan imun akan kembali seperti semula.

2. Melakukan Pengobatan Antibiotik

Fungsinya yaitu untuk mencegah dan melawan bakteri agar tidak bisa masuk kedalam tubuh. Kita harus pergi ke dokter dalam hal ini. Karena, antibiotik sangatlah bermacam macam dan harus menyesuaikan dengan kondisi masing masing individu. Biasanya, antibiotik yang bagus dan baik hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jadi, tidak bisa membelinya dengan bebas. Contoh dari antibiotik tersebut antara lain. Ciprofloxacin yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri, Amoxicilin sebagai penganggu kerja bakteri saat menyerang tubuh, Chloramphenicol berfungsi untuk melawan bakteri pada tahap awal, dan lain sebagainya.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Penderita penyakit ini seringkali kehilangan cairan. Untuk itu konsumsilah air putih untuk menggantikannya. Selain itu, minum air putih dapat membuat tubuh menjadi segar dan fresh sehingga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh penderita. Yang pada akhirnya air putih akan menghambat dan membunuh bakteri tersebut dan membantu dalam proses penyembuhan.

4. Menjaga Pola Makanan

Perlu diketahui untuk kita yang suka makan makanan yang pedas. Kita harus menghindari terlebih dahulu makanan tersebut dalam penyakit ini. Tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang pedas karena dapat membuat lambung dan usus semakin parah. Jika kita makan sedikit saja maka bakteri akan mudah dalam menyerang usus kita dan membuat penderita merasakan demam yang berlebihan.

5. Istirahat Dengan Cukup

Untuk penderita tifus, istirahat sangat diperlukan. Cobalah untuk mengurangi pekerjaan yang berat. Dan istirahatlah dengan cukup dengan menambah sedikit olahraga ringan jika masih kuat dan tidak kronis. Akan tetapi jika sudah parah, dianjurkan untuk lebih banyak tidur dari pada beraktifitas. Ini dapat membantu pemulihan keseimbangan dan kekebalan tubuh kita.

6. Menjaga Kebersihan Badan

Selain kesehatan, kebersihan juga harus dijaga. Seperti membersihkan tempat tidur, mandi teratur, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan lain sebagainya. Biasakan untuk selalu hidup bersih. Dengan cara ini, setidaknya bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang sangat cepat. Jika kita lalai saja misalnya tidak membersihkannya dalam satu hari, maka ini akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri akan meningkat dengan cepat. Penyakit tifus ini memang penyakit yang mudah untuk cara penyembuhannya. Namun, juga lumayan sulit dan lama dalam proses pemulihannya

7. Minum Larutan Oralit

Oralit adalah larutan yang sangat direkomendasikan. Tujuannya yaitu untuk menggantikan cairan yang hilang. Oralit dapat ditemui di apotek terdekat atau bisa juga dengan cara membuatnya sendiri. Jika kita ingin membuatnya caranya sangat gampang yaitu dengan cara mencampurkan setengah sendok garam dengan satu gelas air minum yang agak dingin. Aduklah hingga tercampur dan segeralah untuk meminumnya. Ini dapat mengatasi demam dan mengurangi diare yang disebabkan oleh penyakit ini.

Inilah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengobati tifus yang sangat mudah. Akan tetapi, cara ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Semoga artikel ini dapat membantu siapa saja yang membacanya.