7 Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Ampuh Dan Direkomendasikan

Dalam proses pencernaan tubuh membutuhkan asam lambung untuk mencerna makanan. Namun produksi asam lambung bisa saja berlebih sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi asam lambung yang berlebih atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan GERD (gastroesophageal reflux disease) bisa naik hingga kerongkongan karena katup antara kerongkongan dengan asam lambung tidak berfungsi dengan baik. Apabila asam lambung sudah naik maka efek yang ditimbulkan adalah terasa sakit pada dada atau nyeri pada ulu hati, sulit menelan, serta mulut terasa asam atau pahit karena asam berlebih yang naik ke kerongkongan. Salah satu pemicu naiknya asam lambung adalah kelebihan berat badan atau obesitas, telat makan, pola hidup yang kurang sehat, dan juga merokok. Meskipun demikian anda bisa mencegahnya dengan cara mengatasi asam lambung berlebih dengan cara-cara berikut ini.

Ketika asam lambung naik secara tiba-tiba anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi obat seperti antasida yang dijual bebas. Namun mengkonsumsi obat pereda asam lambung yang naik secara berlebihan tanpa resep dokter dapat menimbulkan efek samping. Oleh sebab itu ada baiknya apabila anda memahami terlebih dahulu mengenai cara mengatasi asam lambung seperti penjelasan di bawah ini.

1. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bebas gula selain dapat mengatasi masalah bau mulut disinyalir juga mampu dalam mencegah naiknya asam lambung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengunyah permen karet akan merangsang laju pelepasan air liur sehingga dapat meminimalisir jumlah asam yang terakumulasi di perut akan bersih lebih cepat. Selain itu mengunyah asam lambung dapat menetralkan kadar asam lambung.

2. Rutin Minum Air Putih

Cara mengatasi asam lambung adalah dengan rutin mengkonsumsi air putih karena akan membuat kadar Ph seimbang sehingga membuat usus bekerja secara cepat. Produksi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh terbukti mampu mengatasi masalah asam lambung yang ditimbulkan. Dibandingkan dengan air susu, air putih jauh lebih baik dalam mencegah potensi naiknya asam lambung. Selain itu air putih juga terbukti mampu mengatasi hidrasi, proses pencernaan dan baik untuk kebutuhan tubuh anda.

3. Tarik Napas Dalam-dalam

Ketika bernapas dengan menarik napas dalam-dalam anda akan mampu mengontrol kadar udara yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kadar udara yang terkontrol dengan baik inilah yang akan menguatkan otot-otot di bawah tenggorokan sehingga akan mengurangi terjadinya resiko naiknya asam lambung.

4. Hindari Pantangan Makanan

Cara mengatasi asam lambung yang naik selanjutnya adalah dengan menghindari beberapa makanan dan minuman seperti cokelat, kopi, soda, alkohol, daging, susu dan makanan mengandung lemak lainnya. Jika anda tidak sengaja mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang telah disebutkan di atas maka asam lambung anda akan kembali naik dikarenakan jenis asupan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung.

5. Hindari Merokok

Menghindari rokok merupakan salah satu cara mengatasi asam lambung yang harus dilakukan. Pasalnya selain membantu mencegah naiknya asam lambung, merokok akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya yang tak kalah serius. Penyakit yang ditimbulkan akibat merokok sudah sangat nyata sekali akan tetapi para perokok masih buta akan hal itu dan sulit untuk berhenti merokok. Pada asam lambung sendiri kandungan nikotin pada rokok yang anda hirup bisa membuat sfingter esofagus menjadi relaks. Selain itu zat-zat lain yang terkandung dalam rokok juga akan melemahkan otot katup antara lambung dan tenggorokan. Hal inilah yang dapat memicu naiknya produksi asam lambung secara berlebih. Jika bahaya rokok sudah sangat nyata merugikan, pilihan tetap ditangan anda masing-masing untuk berhenti merokok atau tidak.

6. Longgarkan Baju Yang Anda Kenakan

Hindarilah pemakaian baju yang terlalu ketat terutama pada area pinggang ke bawah karena perut akan terasa tertekan. Ketika posisi perut yang tertekan tersebut semakin besar maka akan memperparah gejala asam lambung yang naik tersebut. Maka dari itu saat asam lambung anda muncul kembali secara tiba-tiba ada baiknya jika melonggarkan kancing celana atau ikat pinggangmu untuk melancarkan peredaran darah. Sebagai antisipasi lebih baik untuk menggunakan celana yang ukurannya tidak terlalu sempit agar tidak membuat anda  sesak juga nantinya.

7. Kendalikan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bila salah satu penyebab terjadinya produksi asam lambung secara berlebih adalah berat badan yang berlebihan atau obesitas. Penderita obesitas atau berat badan berlebih umumnya akan menderita masalah asam lambung ini meskipun tidak semua. Hal itu bisa terjadi dikarenakan posisi usus yang tertekan akibat berat badan berlebih tersebut. Sehingga kemungkinan produksi asam untuk kembali menuju tenggorokan lebih besar. Maka dari itu lebih baik untuk mengatur pola makan agar berat badan anda tetap terjaga. Selain itu berat badan yang ideal akan mempercantik diri anda sendiri. Namun untuk mendapatkan berat badan yang sesuai ada baiknya menggunakan cara sehat bukan dengan cara instan yang bisa menimbulkan efek samping.

Tags: