7 Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari Yang Bisa Jadi Pilihan

Bernafas merupakan suatu hal yang pokok dan tidak mungkin terlewatkan oleh makhluk hidup. Misalnya yang terjadi pada manusia, jika saluran pernafasan mengalami gangguan baik berat maupun ringan pastilah akan membuat orang tersebut merasa tidak nyaman. Salah satu penyakit yang menyerang bagian pernafasan adalah sakit asma. Penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami sesak nafas dan bahkan sampai mengancam nyawa. Untuk itu para penderita asma perlu mengetahui cara mengatasi asma di malam hari sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sesak nafas jika asma kambuh pada malam tiba.

Oleh sebab itu, jika anda mengalami sakit asma dan terasa sesak di malam hari harus segera melakukan penanganan yang tepat. Agar dapat melakukan penanganan, terlebih dahulu anda harus tahu cara mengatasi asma di malam hari agar rasa sakit yang anda derita tidak bertambah parah. Anda masih bingung apa yang harus dilakukan jika tiba tiba asma mengalami kambuh pada tengah malam. kami akan mencoba untuk mengulas apa saja cara mengatasi asma di malam hari, berikut ulasannya :

1. Menghangatkan Tubuh

Keadaan udara saat siang dan malam sudah pasti berbeda. Pada malam menjelang udara cenderung lebih dingin yang dapat membuat penyakit seperti asma menjadi kambuh. Jika kamar tidur anda memiliki AC sebaiknya jangan dinyalakan terlebih dahulu jika sesak menyerang. Sesak justru ditimbulkan karena udara di sekitar anda memiliki temperatur yang rendah atau dingin. Jangan juga sering keluar rumah atau terkena udara malam yang kurang baik untuk kesehatan.

2. Merubah Posisi

Jika saat sesak datang di malam hari dan anda dalam keadaan tidak sedang duduk. Langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan merubah posisi anda. Misalnya anda yang tadinya sedang tiduran, maka rubahlah posisi anda menjadi duduk. Hal itu dilakukan agar paru paru anda dapat lebih leluasa untuk lebih banyak menyerap oksigen dari luar.

3. Mengambil Nafas Yang Panjang

Sesak nafas terjadi karena kekurangan asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh terutama paru paru. Dengan melakukan nafas panjang dapat menjadikan paru paru lebih mengembang dan oksigen yang masuk juga semakin banyak. Anda dapat menghirup udara melalui hidung dan menahannya beberapa detik, kemudian lepaskan perlahan lewat mulut. Cara yang seperti ini juga bermanfaat untuk menurunkan stress selain untuk mengatasi asma.

4. Meminum Ramuan Bawang Putih

Bawang putih selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diatasi menggunakan bawang putih adalah asma. Caranya dengan merebus dua siung bawang putih dengan 100 ml air, lalu anda dapat meminum air rebusan tadi setelah agak dirasa dingin. Waktu yang baik untuk mengkonsumsinya adalah sebelum tidur. Karena agar ketika nanti anda tidur dapat bernafas dengan tenang dan lega serta tidak mengalami sesak lagi.

5. Meminum Air Rebusan Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang memiliki zat anti inflasi yang dapat membantu mengurangi tekanan asma yang menyerang pada malam hari. Jahe juga banyak berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit tidak hanya asma akan tetapi penyakit seperti batuk dan flu juga dapat diobati menggunakan bahan dari jahe. Itu dikarenakan jahe memberikan efek untuk menghangatkan tubuh dan melonggarkan saluran pernafasan yang sedang terganggu.

Caranya dengan menyiapkan beberapa ruas jahe yang tentunya masih segar atau baru di dipetik. Perlu anda ketahui juga bahwa penggunaan bahan yang masih segar dapat mempengaruhi hasil akhir nantinya. Langkah selanjutnya adalah bersihkan jahe dan rebus dalam air yang mendidih. Anda dapat meminum air dari hasil rebusan jahe tersebut.

6. Meminum Ramuan Dari Bawang Bombay

Tidak hanya bawang putih saja yang dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi penyakit asma pada malam hari. Ternyata bawang bombay juga dapat mengatasi asma di malam hari dikarenakan zat anti radang yang dimilikinya. Dan zat itulah yang dapat membuat resiko penyakit asma menjadi menurun serta menghilangkan radang yang terdapat pada paru paru dan saluran pernafasan. Cara untuk menggunakan bawang bombay sebagai bahan mengatasi asma hampir sama dengan sara menggunakan bawang putih.

7. Melakukan Beberapa Gerakan Senam Pernafassan

Saat anda mengalami serangan asma pada malam hari dan sulit mencari bantuan, anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan bagi tubuh anda sendiri. Gerakan tersebut semacam gerakan senam pernafasan, seperti dengan meletakkan kedua tangan diatas dada dan menariknya ke samping dalam waktu bersamaan. Dengan melakukan gerakan tersebut dapat membuat pernafasan menjadi lebih lancar karena senam ini lebih memfokuskan pada area pernafasan.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi asma di malam hari yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda. Anda dapat memilih cara mana yang dirasa lebih mudah untuk anda lakukan sesuai dengan kondisi anda. Tidak ada salahnya jika anda mengkonsultasikan penyakit anda tersebut kepada dokter agar segera cepat sembuh.