Merasa Tidur Tidak Nyaman Saat Hidung Tersumbat? Inilah 9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur Yang Recommended Beserta Penyebabnya

Penyumbatan pada hidung memang sangat menyiksa. Tak jarang masyarakat yang mengalami penyumbatan pada hidung. Apakah anda juga pernah mengalami hal ini? Tentu saja jika hal ini dibiarkan begitu saja, akan timbul berbagai dampak lain yang mengikutinya. Pernahkah anda mengalami hidung tersumbat saat sedang tidur? Kira-kira apa yang menyebabkan hidung tersumbat? Inilah beberapa penjelasan kaitannya dengan penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Hidung Tersumbat

Hidung memang termasuk salah satu organ pernafasan pada manusia yang sangat penting. Salah satu fungsi hidung adalah menyaring udara kotor yang masuk ke dalam tubuh. Tak jarang juga hidung mengalami penyumbatan. Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.

  • Terjadinya infeksi atau peradangan di dalam hidung
  • Adanya alergi terhadap sesuatu
  • Terdapat polip hidung
  • Adanya virus yang bersarang di dalam hidung

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Di Malam Hari

Terjadinya penyumbatan di dalam hidung memang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Selain banyak penyebabnya, penyumbatan hidung juga tak mengenal waktu. Penyumbatan pada hidung dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, misalnya saat tidur atau malam hari.

Tentu saja anda akan merasa tersiksa dan tidak nyenyak ketika tiba-tiba hidung mengalami penyumbatan. Tidur akan terasa tidak nyenyak dan gusar. Kira-kira apakah yang akan anda lakukan ketika tiba-tiba hidung tersumbat saat sedang tidur? Berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang dapat anda coba.

1. Cobalah Mengkonsumsi Air Putih

Jika hidung tersumbat saat anda tidur, cobalah mengambil segelas air putih lalu meminumnya secara perlahan. Air putih ini akan meringankan saluran hidung yang telah tersumbat. Sangat mudah, bukan?

2. Gunakan Air Hangat Untuk Mandi

Anda juga dapat menggunakan air hangat untuk mandi. Selain menghangatkan badan, air hangat juga dapat membantu mengatasi penyumbatan pada hidung. Jadi, hidung akan terasa lega.

3. Cobalah Untuk Mengatur Posisi Kepala

Sumbatan pada hidung biasanya akan menghasilkan lendir. Lendir ini tentunya akan membuat anda tidak dapat tidur nyenyak jika mengalir secara terus menerus. Salah satu cara untuk meringankan lendir pada hidung ini adalah dengan cara meninggikan bantal yang digunakan untuk tidur. Jika anda tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari pada kaki, maka lendir dapat mengalir ke bawah sehingga hidung akan terasa lega.

4. Cobalah Untuk Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara ini dapat dibilang sangat simple.Anda cukup mencampurkan beberapa sendok garam ke dalam wadah yang telah berisi air hangat. Setelah itu, gunakanlah campuran air garam ini untuk berkumur. Campuran air garam ini diyakini mampu membuka penyumbatan yang terjadi di dalam hidung. Jadi, lendir yang membeku dan menyumbat di hidung akan dapat mengalir.

5. Cobalah Untuk Meniup Hidung

Tiupan pada hidung ternyata juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di malam hari. Cara ini memang sangat praktis dan dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun. Awalnya anda perlu mengarahkan hidung ke atas lalu meniupnya pelan-pelan. Cara ini diyakini mampu meringankan lendir yang menyumbat di saluran hidung.

6. Cobalah Untuk Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih yang biasanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, ternyata memiliki fungsi lain. Bumbu dapur yang satu ini dapat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang mudah diterapkan. Saat hidung tersumbat di malam hari, cobalah untuk mencari bawang putih lalu mengupasnya. Setelah dikupas dan dicuci hingga bersih, konsumsilah bawang putih ini dengan cara dikunyah pelan-pelan. Kandungan zat di dalam bawang putih mampu menjadi zat anti kanker dan penangkal bakteri penyebab hidung tersumbat.

7. Berikan Pijatan Ringan Pada Hidung

Pemijatan tidak hanya diperuntukkan bagi badan yang sedang pegal-pegal. Ternyata pemijatan ringan juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Cara ataupun teknik pemijatan pada hidung ini juga cukup sederhana. Anda tinggal menggunakan jari jempol dan ibu jari untuk memijat secara pelan di bagian atas hidung. Jangan lupa anda juga perlu melakukan pemijatan hidung dengan gerakan memutar. Lakukan teknik pemijatan hidung ini hingga terasa lebih lega dan nyaman. Sangat mudah dan praktis, bukan?

8. Menghirup Minyak Kayu Putih

Aroma minyak kayu putih yang khas ternyata memang mampu memberikan perasaan lega. Aroma ini juga dapat membantu saat anda sedang mengalami penyumbatan di hidung. Untuk mengurangi aromanya yang sangat menyengat, anda juga dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air panas. Setelah itu, anda cukup menghirup uapnya selama kurang lebih 5-10 menit.

9. Gunakan Humidifier

Biasanya penyebab hidung tersumbat saat tidur adalah adanya lendir yang memadat dan menghalangi saluran hidung. Salah satu cara praktis untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan alat pelembab udara atau biasa disebut dengan humidifier.Alat yang satu ini mampu mencairkan lendir yang telah menyumbat di dalam hidung. Akan tetapi, anda perlu berhati-hati dan tidak boleh terlalu sering menggunakan alat ini. Jika anda terlalu sering menggunakannya, maka dikhawatirkan akan terjadi iritasi lebih lanjut yang menyerang saluran pernafasan khususnya hidung.

Ternyata ada banyak sekali cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang perlu diketahui. Mulai dari memijat, konsumsi bawang putih hingga menggunakan uap air hangat. Apakah anda ingin mencobanya sendiri?

Tags: