Mata Anda Kedutan? Inilah 8 Cara Mengatasi Mata Berkedut Terus Menerus

Mata berkedut atau kedutan ini terjadi ketika otot-otot yang memiliki peranan terhadap kelopak mata mengalami kejang atau spasme. Secara medis, istilah ini dikenal dengan nama myokymia. Semua orang pernah mengalami kedutan dan bukan sebuah tanda akan ada sesuatu baik yang negatif maupun positif. Hal ini sudah menjadi mitos yang berkembang di masyarakat. Biasanya kedutan ini terjadi karena stres, kurang tidur, terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol, dan lain-lain. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi mata yang berkedut secara terus menerus. Berikut adalah cara mengatasi mata berkedut terus menerus bagi Anda yang mengalami kedutan :

1. Melakukan Pijatan Pada Mata

Cara mengatasi mata berkedut terus menerus yang pertama adalah Anda bisa melakukan pijatan akupresur pada mata. Anda bisa memijat titik titik sesuai arah jarum jam pada mata dengan gerakan memutar selama 5 hingga 10 menit. Setelah Anda memijat, ulangi lagi dari awal. Teknik ini bisa menghilangkan kedutan dengan melancarkan sirkulasi darah pada mata. Agar mencegah terjadinya infeksi pada mata, pastikan Anda harus membersihkan tangan dan wajah terlebih dahulu.

2. Menutup Separuh Kelopak Mata

Dengan cara menutup separuh kelopak mata, maka kelopak atas mata Anda akan bergetar tidak beraturan. Untuk itu, Anda harus berusaha dalam menghentikan getaran pada kelopak mata Anda. Karena dengan menyipitkan serta menajamkan penglihatan, Anda bisa mengurangi tekanan yang ada pada mata. Tentu saja hal ini mungkin bermanfaat untuk menghilangkan kedutan akibat mata yang lelah.

3. Berkedip Selama 30 Detik

Cara mengatasi mata berkedut terus menerus selanjutnya adalah Anda bisa berkedip selama 30 detik. Anda harus berusaha untuk berkedip dengan frekuensi yang tepat. Selain itu, Anda harus memastikan untuk berkedip dengan gerakan yang lembut. Proses berkedip ini sangat penting untuk mata Anda. Manfaat dari berkedip selama 30 detik ini adalah bisa menenangkan otot mata dan melumasi serta membersihkan bola mata. Yang mana bisa juga menghilangkan kedutan. Jika Anda merasa nyeri atau kedutan semakin kuat, segera hentikan kegiatan ini.

4. Mencoba Teknik Hidroterapi Mata

Anda juga bisa mencoba teknik hidroterapi mata sebagai cara mengatasi mata berkedut terus menerus. Cara melakukan terapi ini adalah memercikkan air dingin dan air hangat secara bergantian pada mata Anda yang tertutup. Fungsi dari air dingin ini akan menyempitkan pembuluh darah, sedangkan air hangat akan melebarkan pembuluh darah. Melakukan cara ini juga bisa membantu melancarkan sirkulasi beserta aliran darah menuju mata.

Selain menggunakan air dingin dan air hangat, Anda juga bisa menggunakan es batu ke atas kelopak mata. Mengoleskan es batu ini dilakukan sebelum memercikkan air hangat. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengulangi cara ini sebanyak tujuh hingga delapan kali.

5. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Yang kelima adalah tubuh Anda harus tetap tercukupi dengan air. Jika tubuh kekurangan air, tubuh akan mengalami dehidrasi yang juga bisa menyebabkan mata kedutan. Untuk cara mengatasi kedutan terus menerus ini Anda bisa mencoba minum delapan hingga sepuluh gelas air dalam satu hari. Dengan cara ini, tubuh Anda akan terjaga kebutuhan cairan dalam tubuh. Untuk itu, berusahalah untuk bisa meningkatkan asupan cairan.

6. Istirahat Yang Cukup

Jika Anda kurang tidur atau kelelahan, secara umum hal ini bisa menyebabkan mata lelah dan kering. Dengan mata yang lelah dan kering, bisa membuat mata lebih sering kedutan. Maka dari itu, tubuh Anda harus istirahat dengan cukup. Berusahalah untuk tidur dalam waktu yang normal, yaitu 7 hingga 8 jam setiap malam. Anda juga harus membatasi penggunaan layar elektronik seperti televisi, HP, dan komputer sebelum tidur.

7. Memeriksakan Ke Dokter Mata

Apabila kedutan pada mata Anda tidak kunjung hilang, segera periksakan mata Anda ke dokter terdekat. Lebih lagi jika kedutan sudah berminggu-minggu, mata bengkak, dan kedutan sudah meluas ke bagian wajah yang lainnya. Memeriksakan diri Anda ke dokter sangat penting agar mata Anda bisa kembali normal dan berfungsi seperti biasanya.

Apabila sudah mengalami kedutan yang sangat parah, operasi bisa menjadi solusi. Dokter bedah akan mengeluarkan otot dan saraf sekitar kelopak mata dan bisa meringankan tekanan arteri pada saraf wajah. Akan tetapi, operasi bisa memungkinkan adanya komplikasi setelah Anda melakukan operasi.

8. Melakukan Pengobatan

Cara mengatasi mata berkedut terus menerus yang terakhir adalah Anda bisa melakukan pengobatan. Baik itu secara alami maupun menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter mata. Obat yang dianjurkan dokter ini dinilai bisa untuk mengatasi kedutan dalam kasus yang ringan. Tidak menutup kemungkinan juga bisa mengobati kedutan terus menerus.

Clonazepam, Lorazepam, dan Trihexyphenidyl merupakan beberapa contoh obat-obatan yang sering dianjurkan oleh dokter. Akan tetapi, obat alternatif juga bisa digunakan untuk mengatasi mata yang kedutan. Akupuntur, terapi nutrisi, kacamata berwarna, biofeedback, dan lain-lain.