7 Cara Mengatasi Rematik Pada Kaki Tanpa Bahan Kimia

Rematik memang bukan tergolong pada penyakit yang berat dan harus segera disembuhkan. Akan tetapi lama kelamaan penyakit ini juga membuat penderitanya sering merasa kesal. Rematik banyak menyerang pada persendian baik tangan, kaki maupun persendian lainnya. namun yang paling sering dialami oleh banyak penderita rematik adalah rematik pada kaki. Beberapa rasa seperti nyeri dan bahkan bersamaan diikuti dengan bengkaknya kaki sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu disarankan agar anda para penderita rematik kaki untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rematik pada kaki. Tentunya agar sakit yang anda alami tidak lebih parah lagi. Anda termasuk orang yang sering merasa nyeri pada persendian terutama pada kaki dan sedang mencari cara mengatasinya, berikut cara mengatasi rematik pada kaki yang mudah dicoba.

1. Dengan Menempelkan Umbi Singkong

Banyak yang menganggap bahwa singkong merupakan makanan kampung dan hanya untuk orang desa saja. Namun jangan salah tentang manfaat yang dikandungnya. Berbagai penyakit dapat diredakan dengan bahan singkong, salah satunya penyakit rematik ini. caranya dengan menyiapkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci dengan bersih serta terbebas dari berbagai kotoran yang menempel. Kemudian parut hingga halus dan tempelkan pada kaki yang terasa nyeri. Tunggu hingga beberapa menit dan barulah anda dapat membersihkan parutan singkong yang menempel pada kaki.

2. Dengan Mengoleskan Ramuan Daun Singkong

Tidak hanya umbi singkong saja yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan rematik. Akan tetapi daunnya juga tidak kalah berkhasiat untuk menyembuhkan juga. Caranya memang berbeda dengan cara waktu menggunakan umbinya sebagai bahan pengobatan. Yakni dengan menyiapkan lima lembar daun singkong dan lima belas jahe merah serta kapur sirih. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur menjadi satu dan ditambahkan sedikit air putih. Jika ramuan sudah jadi anda dapat mengoleskan ramuan dari daun singkong tersebut pada kaki yang mengalami rematik.

3. Meminum Ramuan Lengkuas

Bagi ibu ibu rumah tangga bahan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga memiliki efek menghangatkan tubuh. Lengkuas memiliki beragam zat seperti minyak atsiri, flavonoida saponin, tanin serta zat zat aktif lainnya yang dapat menjadikan lengkuas sebagai obat. salah satu penyakit yang dapat menggunakan lengkuas sebagai bahan obatnya adalah rematik pada kaki. Anda cukup mengambil lengkuas seukuran jari sebanyak 2 potong. Lalu parut lengkuas sampai halus kemudian tambahkan sedikit air dan saringlah bahan tersebut. anda dapat meminum ramuan ini dengan tambahan kuning telur jika menyukainya.

4. Meminum Sari Daun Seledri

Seledri memang banyak digunakan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit seperti darah tinggi, kolesterol dan tak terkecuali rematik. Hal tersebut dikarenakan seledri banyak mengandung berbagai zat seperti vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, protein, kalori dan masih banyak lagi. Cara untuk membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan satu genggaman daun seledri. Kemudian cuci hingga bersih dan potong kecil kecil lalu rebus dengan air yang sudah mendidih. Setelah rebusan tersebut mulai dingin anda dapat menyaring untuk menghilangkan ampasnya. Dan ramuan sudah siap untuk dinikmati.

5. Mengkonsumsi Seduhan Air Jahe

Selain dapat menghangatkan badan, seduhan jahe juga memiliki beragam manfaat seperti untuk mengatasi penyakit rematik. Cara membuat ramuan dari jahe ini tidak jauh berbeda dari cara cara membuat ramuan sebelumnya. yakni dengan menggeprek jahe agar mengeluarkan sarinya saat diseduh. Kemudian tambahkan bahan tambahan seperti air panas dan juga gula sebagai rasa pemanis. Jika tidak ingin menggunakan gula anda juga dapat menggunakan madu sebagai gantinya.

6. Mengoleskan Campuran Daun Cocor Bebek

Anda dapat dengan mudah menemukan bahan yang satu ini. Karena di Indonesia tanaman ini tumbuh dengan pesat dan banyak. Namun jika anda tidak dapat menemukan bahan ini anda dapat mendapatkannya pada penjual jamu herbal di sekitar anda. Daun cocor bebek dapat dijadikan sebagai obat karena memiliki berbagai zat. Misalnya seperti zat kalium, asam lemon, glikosida, alkoloid, vitamin dan masih banyak lagi. Cara mengatasi rematik pada kaki dengan menggunakan bahan ini adalah dengan melembutkan daun cocor bebek dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu dapat dioleskan pada bagian kaki yang dirasa membutuhkan.

7. Meminum Larutan Daun Kumis Kucing

Bahan selanjutnya yang dapat sebagai obat rematik adalah daun kumis kucing. Caranya, anda dapat mengambil beberapa daun kumis kucing lalu cuci hingga bersih dan merebusnya. Hasil dari rebusan dari daun tersebutlah yang nantinya anda minum dan anda gunakan sebagai obat rematik.

Obat herbal yang digunakan sebagai cara mengatasi rematik pada kaki memang bermacam macam. Semua tergantung dengan anda untuk memilih yang mana, tentunya bahan tersebut dapat dengan mudah anda dapatkan. Perlu anda ketahui juga bahwa obat herbal tidak memberikan efek dengan seketika sebagaimana obat kimia. Obat herbal bekerja secara perlahan namun tidak memiliki efek negatif sebesar yang diberikan obat kimia.