7 Cara Mengatasi Stres Kerja Yang Perlu Untuk Anda Lakukan

Stres kerja adalah keadaan di mana seseorang mulai mengalami ketidak nyaman saat bekerja. Hal ini dapat terjadi karena bermacam macam hal.  Seperti Target dan beban tugas di tempat kerja, tekanan kerja, jenuh terhadap rutinitas pekerjaan, dan masih banyak lagi. Stres kerja ini tentu dapat mengakibatkan menurunnya kinerja Anda bahkan bisa sampai menyebabkan Anda keluar dari pekerjaan Anda tadi. Oleh karena itu pengetahuan mengenai cara mengatasi stres kerja menjadi sangat penting bagi Anda yang mengalaminya. Karena jika tidak segera diatasi stres kerja akan memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan Anda. Berikut beberapa cara mengatasi stres kerja yang perlu Anda lakukan.

1. Mendengarkan Musik

Jika Anda sudah mulai  merasa penat dalam bekerja, tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan musik  yang Anda sukai. Karena sudah terbukti dengan mendengarkan musik bisa mengurangi tingkat stres dan juga dapat merileksasi pikiran. Dengarkan musik favorit Anda sekitar 15-30 menit untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Dengan mendengarkan musik seperti ini juga dapat meningkatkan mood Anda sehingga akan memunculkan semangat kerja Anda kembali seperti semula. Agar Anda merasa lebih rileks lagi alangkah baik jika Anda mendengarkan musik tanpa lirik. Karena musik jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres seseorang.

2. Lakukan Olahraga Kecil

Cara mengatasi stres kerja yang kedua adalah dengan melakukan olahraga olahraga kecil. Dengan melakukan olahraga semacam ini maka otot otot Anda akan sedikit merenggang. Sehingga akan menjadikan tubuh Anda semakin nyaman untuk digerakkan. Selain itu, dengan berolahraga juga akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk otak Anda. Karena otak adalah pusat pikiran yang  tentu juga membutuhkan sedikit relaksasi. Berolahraga juga dapat membuat paru paru Anda lebih sehat. Serta akan berdampak pada meningkatnya kualitas tidur serta kesehatan tubuh Anda.

3. Menggunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

Saat waktu istirahat tiba gunakanlah waktu tersebut se-efektif mungkin untuk beristirahat. Usahakan walau hanya untuk sekedar membeli makanan ringan di luar kantor. Atau bahkan bisa juga dengan duduk sambil ditemani secangkir kopi dan bercengkrama dengan rekan rekan kerja Anda yang lain. Selain bisa menjalin hubungan dengan rekan Anda, cara ini juga baik untuk melupakan sejenak kepenatan yang ada di ruang kerja Anda. Namun juga jangan sampai Anda lupa waktu karena jika Anda sampai lupa waktu. Ini akan berdampak pada hasil kinerja Anda yang tidak baik.

4. Buat Tempat Kerja Menjadi Nyaman

Membuat tempat kerja menjadi nyaman juga menjadi faktor yang penting untuk mengurangi tingkat stres kerja Anda. Buat ruang kerja Anda senyaman mungkin untuk bekerja. Misal jika Anda menyukai bunga, Anda bisa menghiasi ruang kerja Anda dengan bunga bunga yang cantik. Atau bisa juga dengan memberikan pengharum ruangan yang bisa membuat udara di ruang kerja  Anda menjadi segar dan sejuk. Sehingga dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks dan fresh. Selain itu juga jangan lupa bangun komunikasi yang baik dengan karyawan. Buat suasana akrab diantara rekan rekan kerja Anda. Sehingga dapat menimbulkan semangat untuk bekerja bagi Anda setiap harinya.

5. Refreshing

Dalam bekerja pasti Anda akan diberi jatah libur, baik saat hari sabtu minggu atau tanggal tanggal merah lainnya. Nah gunakan waktu libur Anda ini untuk melakukan refreshing. Yaitu dengan melakukan hobi Anda atau bahkan bisa juga digunakan untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Anda. Baik pantai, gunung, air terjun atau yang lainnya. Karena kesejukan udara alam sangat akan membantu Anda untuk mengatasi stres kerja yang Anda miliki. Anda juga bisa mengajak keluarga, sanak saudara, teman, ataupun pacar untuk dapat membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Dan akan membawa dampak positif bagi kinerja Anda di kantor pada hari selanjutnya.

6. Lakukan Pijat

Cara mengatasi stres kerja yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijat. Anda bisa melakukan pijat ini di rumah dengan memanggil tukang pijat. Atau bisa juga dengan Anda yang pergi ke tempat pijat itu sendiri. Dengan melakukan pijat akan membuat tubuh Anda semakin nyaman dan rileks. Pijat juga baik untuk menormalkan tekanan darah sehingga akan baik untuk kesehatan tubuh Anda yang telah merasa letih setelah lama bekerja. Pijat bisa Anda lakukan seminggu sekali, atau bisa juga di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sendiri.

7. Konsumsi Banyak Air Putih

Banyak orang beranggapan bahwa minuman seperti bir alkohol dan minuman bersoda akan dapat mengurangi tingkat stres yang mereka alami. Padahal anggapan itu adalah sebuah fakta yang kurang tepat. Karena justru minuman yang dapat menghliangkan stres adalah minuman sederhana seperti air putih. Air putih dapat membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh Anda. Sehingga ini akan membuat tubuh dan juga pikiran Anda menjadi rileks dan tentunya sehat serta terhindar dari stres yang menghampiri Anda selama Anda bekerja.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara mengatasi stres kerja yang bisa Anda lakukan. Kiranya informasi di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang mengalami stres dalam bekerja. Semoga Anda selalu betah dalam bekerja ya. dan jangan lupa untuk selalu bersyukur!

Tags: