10 Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Pilek

Influenza atau flu kerap sekali terjadi pada perubahan cuaca seperti pada musim pancaroba. Biasanya disertai dengan batuk, badan meriang, sesak nafas, dan menjadi susah tidur. Apalagi pada malam hari kondisinya akan menjadi  lebih buruk. Ketika berbaring maka saluran nafas akan dipenuhi dengan lendir sehingga nafas menjadi terganggu. Padahal saat kondisi seperti ini tidur merupakan cara memulihkan tubuh dengan cepat. Berikut adalah 10 cara mengatasi susah tidur karena pilek.

1. Membuat Posisi Bantal Menjadi Lebih Tinggi

Jika mengalami susah tidur dikarenakan pilek dapat mengubah posisi bantal menjadi lebih tinggi. Dapat dengan menumpuk bantal sehingga posisi berundak-undak sehingga menjadi lebih tinggi. Secara teori bantal yang tinggi dapat melancarkan pernafasan sehingga lendir yang menghalangi nafas tersebut bisa mengalir kebawah. Jika posisi tidur sama rata tentu akan menyulitkan untuk tidur dan akan mengganggu kualitas tidur.

2. Memijat Wajah

Salah satu cara mengatasi susah tidur karena pilek yaitu dengan memijat sekitar wajah. Hal ini bisa dicoba untuk memperlancar sirkulasi pernafasan sehingga nafas menjadi lega dan lancar. Memijat dengan pijatan lembut pada dahi dan sekitar dekat hidung dengan jari telunjuk. Kemudian rasakan secara berangsur angsur hidung yang tersumbat mulai lega dan tidur menjadi nyenyak.

3. Minum Teh

Untuk menghindari sesak nafas karena pilek sebelum tidur sebaiknya minum teh. Teh ternyata kaya akan anti oksidan sehingga dapat menipiskan gumpalan lendir yang menyumbat saluran pernafasan dan pereda batuk secara alami. Untuk mengatasi hidung yang tersumbat bisa juga ditambah lemon atau madu untuk meringankan tenggorokan.

4. Berkumur Air Garam

Cara mengatasi susah tidur karena pilek bisa juga dengan berkumur air garam. Sangat mudah dilakukan dan dibuat pada saat malam hari. Hanya dengan segelas air putih hangat dan masukkan garam secukupnya. Campurkan sampai rata dan gunakan untuk berkumur kumur 3 sampai 4 kali selama sekitar 10 menit. Maka secara berangsur angsur lendir yang menggumpal di dalam hidung akan encer sehingga nafas  dapat mengalir dengan lancar.

5. Minum Air Jeruk Nipis  Hangat

Untuk menghilangkan hidung yang tersumbat dapat dengan membuat ramuan jeruk nipis hangat. Minuman ini selain menyehatkan juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Dapat juga dengan menambahkan madu dan minumlah selagi hangat. Kemudian rasakan hidung mulai lega sedikit demi sedikit.

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih biasa digunakan untuk menghangatkan badan. Sehingga dapat membantu melancarkan hidung yang sedang tersumbat. Karena panasnya yang ringan sehingga dapat dioleskan pada bagian bawah hidung atau dahi bagian bawah. Efek samping mata akan menjadi sedikit lebih panas dan pedas namun hidung tidak tersumbat sehingga nafas menjadi lancar dan tidur kembali nyenyak.

7. Steaming

Pernafasan yang terganggu akibat hidung tersumbat atau pilek memang sangat tidak nyaman apalagi jika mengganggu kualitas tidur. Steaming merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur karena pilek.Karena metode steaming ini dapat menenangkan peradangan pada nafas yang tersumbat. Tidak hanya dilakukan di salon saja dapat juga dilakukan sendiri dirumah. Caranya adalah ambil handuk kemudian basahi dengan air hangat. Peras handuk kemudian bungkuskan pada kepala. Tunggu sampai beberapa saat sampai hidung yang tersumbat berangsur angsur hilang. Dengan cara ini dapat melegakan hidung yang tersumbat sehingga dapat bernafas dengan lancar lagi.

8. Bilas Hidung Yang Mampet

Bersihkan lendir yang mengganggu pernafasan dengan membilas hidung yang sedang mampet secara rutin. Perangkat untuk membilas hidung dapat ditemukan di hampir semua toko dan mudah dalam penggunaannya. Dapat juga dengan mencampurkan air sulingan dengan garam ini dapat membuat pernafasan menjadi lega. Keduanya berfungsi untuk menjernihkan saluran pernafasan dan melembabkannya. Bisa juga dengan saline nasal spray atau semprotan garam untuk hidung ini akan membantu dalam membilas hidung agar lebih mudah dalam bernafas.

9. Mandi Air Hangat

Saat hidung tersumbat sebaiknya sebelum tidur mandi atau berendam dengan air hangat. Air hangat dapat membantu menormalkan  suhu tubuh efek dari infeksi pada saluran nafas dan dapat membuat  otot menjadi rileks. Uap air hangat bisa melegakan pernafasan sehingga infeksi dan bakteri akan mati dengan sendirinya dan uap pada air hangat akan membantu melegakan hidung tersumbat. Sekaligus membasahi saluran pernafasan yang kering.

10. Menggelapkan Kamar Tidur

Saat terserang flu jadikan tempat lingkungan sekitar sehat dan mendukung tidur yang berkualitas dengan cara mematikan lampu saat tidur. Karena cahaya yang masuk dapat membangunkan otak sehingga kualitas tidur pun menjadi terganggu. Untuk menghambat masuknya cahaya masuk dapat dilakukan dengan menggantungkan tirai warna gelap. Atau bisa juga dengan menggunakan masker tidur untuk menutupi mata saat tidur.

Itulah sedikit pembahasan mengenai beberapa cara dalam mengatasi susah tidur karena pilek. Anda dapat mencobanya supaya kualitas tidur Anda tetap terjaga saat terkena penyakit pilek ini.

Tags: