7 Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki Yang Wajib Anda Lakukan

Kapalan adalah penebalan serta pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan. Kondisi seperti ini kebanyakan di alami oleh orang orang yang sudah dewasa. Kapalan dapat timbul karena beberapa alasan seperti orang yang biasa mengerjakan pekerjaan yang kasar. Atau bisa juga pada seseorang yang sering mengenakan sepatu dalam jangka waktu yang lama dan berulang-ulang. Dengan kondisi semacam ini pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Terutama kapalan yang berada di sekitar kaki. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan kapalan di kaki, tidak ada salahnya jika anda membaca ulasan di bawah ini.

1. Mengaplikasikan Baking Soda

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang pertama adalah dengan baking soda. Dengan menggunakan baking soda ada dua pilihan yang bisa anda pilih. Yaitu dengan merendam kaki anda ke air hangat yang telah di beri soda. Atau bisa juga membuat baking soda menjadi seperti pasta lalu oleskan ke kaki anda yang mengalami kapalan. Pilihlah dua acara tadi sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika anda memilih untuk merendamnya, rendamlah kaki anda ke air campuran tersebut selama 15-20 menit. Sedangkan bagi anda yang memilih membuatnya menjadi pasta. Caranya tidak kalah mudah langsung saja oleskan pasta tersebut ke kaki anda dengan sesekali memijatnya agar menghasilkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Cuka Dan Bawang Putih

Nah cara kedua untuk menghilangkan kapalan yang ada pada kaki adalah dengan menggunakan cuka dan bawang putih. Caranya cukup mudah, pertama haluskan satu suing bawang putih berukuran sedang. Lalu campurkan dengan tetesan cuka secukupnya ke bawang putih yang sudah halus tadi. Setelah tercampur rata jemur campuran tadi pada terik matahari hingga kering. Setelah itu anda bisa menggunakannya saat akan tidur dan melepas serta membersihkannya setelah anda terbangun dari tidur.

3. Membalur Dengan Kulit Lemon

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang selanjutnya adalah dengan menggunakan parutan kulit lemon. Pertama parut kulit lemon yang telah anda siapkan secukupnya. Lalu langsung saja tempelkan parutan tadi ke kaki anda yang mengalami kapalan.

Jangan lupa juga untuk memberinya perban atau plester untuk mengantisipasi agar kulit lemon yang telah anda tempelkan tidak berjatuhan. Diamkan parutan kulit lemon 2-3 jam pada kaki anda, lalu menggantinya dengan parutan baru hingga kapalan yang anda alami sembuh.

4. Menempelkan Kulit Nanas

Tidak hanya kulit lemon yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kapalan. Ternyata kulit nanas pun juga bisa untuk mengobati kulit kapalan yang anda alami. caranya cukup mudah, pertma rendam kaki anda yang mengalami kapalan di air hangat selama 15-20 menit, lalu kupas buah nanasnya dan sisakan kulitnya. Setelah itu tempelkan bagian dalam kulit nanas pada kulit anda yang mengalami kapalan. Ikat kulit tersebut dengan kaki anda menggunakan kain. Lakukan cara ini sebelum tidur, lalu lepas ikatan kain tadi pada pagi harinya. Ulangi lagi cara ini minimal selama 4 kali, agar kulit kapalan anda segera terobati.

5. Mengoleskan Kopi Dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang berikutnya adalah dengan menggunakan campuran kopi dan minyak zaitun. Pertama siapkan 1 sendok makan kopi dan 2 sendok makan minyak zaitun. Lalu campurkan dua bahan tersebut ke wadah yang anda miliki hingga merata. Setelah itu langsung saja aplikasikan ke kulit kaki anda yang mengalami kapalan. Sesekali pijat kapalan yang ada pada kaki anda selama 7-8 menit. Setelah selesai jangan lupa juga untuk membersihkan kaki anda menggunakan air hingga bersih.

6. Merendamnya Ke Teh Chamolin

Selain bahan bahan di atas masih ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk mengobati kapalan. Salah satunya adalah dengan menggunakan teh chamolin, teh chamolin merupakan salah satu obat herbal yang sudah terkenal di beberapa negara. Hal ini bisa terjadi karena teh chamolin memiliki segudang manfaat yang dapat membantu kelangsungan hidup manusia. Salah satunya adalah sebagai obat kapalan.

Caranya cukup mudah anda tinggal menyiapkan sebaskom air hangat lalu campurkan teh chamolin ini ke dalam air hangat tadi. Kemudian rendamlah kaki anda selama 15-20 menit, lalu bersihkan kaki anda dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal alangkah baik jika anda juga mengkonsumsinya degan cara diminum. Cara ini akan mempercepat penyembuhan kapalan yang terdapat pada kulit kaki anda.

7. Mengoleskan Campuran Air Lemon Dan Cengkeh

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan perasan air lemon dan cengkeh. Campurkan perasan air lemon dengan cengkeh dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu pisahkan air lemon dengan cengkeh yang tadi telah dicampurkan. Kemudian langsung saja oleskan pada kaki anda yang mengalami kapalan. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari untuk mempercepat penyembuhan kulit kapalan pada kaki anda.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara menghilangkan kapalan di kaki yang bisa anda lakukan. Kiranya informasi di atas dapat menjadi referensi bagi anda yang memiliki masalah kulit kapalan pada kaki anda.

Tags: