7 Cara Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Mata ikan adalah penyakit sejenis kutil yang menyebabkan adanya penebalan pada jaringan kulit disertai dengan rasa nyeri. Dalam istilah kedokteran penyakit mata ikan ini biasa disebut dengan clavus. Clavus atau mata ikan ini biasanya tumbuh pada kulit permukaan kaki, jari-jari kaki, telapak kaki, dan jari-jari tangan. Gejala gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini yaitu seperti penebalan dan pengerasan kulit. Penebalan kulit pada mata ikan ini dapat mengakibatkan sakit yang kronis, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Berikut beberapa cara menghilangkan mata ikan dengan cepat dari bahan bahan alami yang mudah didapatkan.

1. Membalurnya Dengan Bawang Putih Tumbuk

Bawang putih ternyata bukan hanya bisa sebagai bumbu masakan dapur saja. Ternyata bahan alami ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata ikan dengan cepat. Caranya mudah saja kok, pertama siapkan satu siung bawang putih dan perban. Lalu haluskan bawang putih yang telah Anda siapkan tadi hingga lembut. Setelah dirasa lembut langsung saja oleskan pada daerah kulit Anda yang mengalami masalah mata ikan. Nah setelah sudah teroles rata, balut kulit Anda tadi menggunakan perban yang sudah Anda siapkan di awal. Selang 1-2 hari mata ikan yang terdapat pada kulit Anda akan hilang dan kulit Anda akan kembali seperti semula.

2. Menempelkan Bawang Merah Bakar

Cara menghilangkan mata ikan dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Caranya tidak terlalu sulit kok, pertama siapkan bawang merah dan lidi yang kuat. Lalu tusuk bawang merah tadi dengan lidi yang sudah Anda siapkan. Setelah itu bakar bawang merah tersebut di atas api secara langsung. Tunggu hingga agak sedikit gosong, setelah agak gosong angkat bawang merah dari atas api. Kemudian lepas bawang merah dari tusukan dan langsung saja geprek bawang merah tersebut. Setelah digeprek langsung saja tempelkan pada mata ikan yang ada pada kulit Anda. Lakukan cara ini secara rutin agar mata ikan yang Anda alami bisa hilang dengan cepat.

3. Mengoleskan Getah Pepaya

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan getah pepaya. Pertama rendam kulit Anda yang mengalami mata ikan dengan air hangat yang sudah diberi garam selama ± 15 menit. Lalu bersihkan kaki Anda dengan air biasa hingga bersih, dan keringkan dengan handuk. Kemudian oleskan getah pepaya ke kulit Anda yang mengalami mata ikan. Lakukan cara ini secara rutin agar kulit Anda yang mengalami mata ikan bisa segera sembuh. Anda bisa mendapatkan pepaya di pasar pasar tradisional atau bisa juga di supermarket terdekat.

4. Mengoleskan Getah Kamboja

Selain menggunakan bahan bahan alami di atas masih ada beberapa cara untuk mengobati mata ikan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan getah kamboja. Caranya hampir sama dengan step yang sebelumnya. Yaitu pertama rendam kulit yang mengalami mata ikan dengan air hangat yang dicampur garam, lalu keringkan. Setelah itu olesi mata ikan yang ada pada kulit Anda dengan getah kamboja yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

5. Menggunakan Perasan Lemon

Cara menghilangkan mata ikan dengan cepat yang berikutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Lemon memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang bisa memutihkan dan juga menghaluskan kulit. Namun tidak hanya itu saja, ternyata lemon juga bisa untuk menghilangkan penyakit kulit semacam mata ikan ini. Caranya sangat mudah sekali, pertama siapkan satu buah lemon. Lalu belah lemon tersebut menjadi dua bagian, dan jangan lupa juga untuk membersihkan kulit Anda yang terkena mata ikan. Setelah bersih baru oleskan lemon yang sudah Anda belah ke kulit Anda yang mengalami mata ikan.

6. Mengoleskan Tumbukan Daun Dewa

Mata ikan juga bisa disembuhkan dengan cepat menggunakan daun dewa. Caranya cukup mudah, pertama siapkan lima helai daun dewa yang masih segar. Kemudian cuci daun tersebut hingga bersih, lalu tumbuk atau haluskan lima helai daun dewa tersebut hingga halus. setelah itu oleskan tumbukan daun dewa tersebut ke kulit Anda yang mengalami mata ikan. Jangan lupa untuk mengoleskannya secara merata pada mata ikan, jika sudah balut kulit Anda tersebut menggunakan perban hingga tertutup semua.

7. Merendamnya Dalam Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam dan juga komedo pada wajah. Cuka apel juga bisa di manfaatkan untuk menghilangkan mata ikan bagi Anda yang mengalami. Caranya mudah saja, pertama tuang cuka apel pada baskom yang agak lebar. Kemudian rendam kulit Anda yang mengalami mata ikan ke dalam cuka apel yang sudah di siapkan tadi ± 20 menit. Setelah ±20 menit gosoklah kulit Anda  yang terkena mata ikan dengan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit yang Anda alami. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali sehari hingga mata ikan yang Anda alami menghilang atau sembuh.