Inilah 6 Cara Menghilangkan Mata Kedutan Sebelah Kiri Dan Bahayanya Jika Tidak Segera Diatasi

Pernahkah anda mengalami sebuah mata kedutan yang terus menerus dan terjadi berulang? Kedutan atau bahasa medisnya myokymia atau blepharospasm ini merupakan suatu gerakan berkedip yang tidak terkendali dalam satu waktu. Kedutan ini bisa saja terjadi pada mata sebelah kanan maupun kiri. Banyak orang yang sering merasakan kedutan pada mata sebelah kiri mereka. Bahkan adanya kedutan ini menjadi sebuah hal yang mengganggu aktivitas dan memberi rasa tidak nyaman. Untuk itu, pastikan anda mengetahui cara menghilangkan mata kedutan sebelah kiri tersebut dengan tepat.

Bahaya Dari Kedutan Jika Tidak Diatasi

Secara medis, kedutan ini disebabkan oleh kontraksi otot ortikularis okuli terhadap kelopak mata. Terkadang dalam taraf yang sedang, bukanlah sebuah hal yang serius. Bahkan dapat hilang dengan sendirinya dengan beberapa sela waktu saja. Kedutan pada mata ini dapat menghilang dengan sendirinya.

Namun jika anda merasakan kedutan dan terjadi secara terus-menerus, itu menandakan kesehatan anda terganggu. Dalam beberapa kasus yang terjadi, mata kedutan bisa menjadi sebuah tanda awal gangguan neurologis. Hal itu erat hubungannya dengan kesehatan bagian syaraf anda. Ketika dalam kondisi yang sangat parah, maka akan dapat menyebabkan kejang pada wajah. Gangguan tersebut disebabkan oleh tekanan arteri pada syaraf anda, yang melibatkan wajah dan mulut. Pada kondisi yang lebih parah, bisa terjadi gejala gangguan saraf sampai otak. Seperti halnya penyakit bell’s palsy, parkinson atau bahkan ataxia.

Cara Menghilangkan Mata Kedutan Sebelah Kiri Yang Tepat

Setelah anda mengetahui bahaya jika mengalami kedutan, tentunya anda berfikir bagaimana cara mengatasinya. Ada beberapa cara menghentikan mata kedutan sebelah kiri yang dapat anda lakukan. Tentunya cara ini terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga. Berikut cara menghilangkan mata kedutan sebelah kiri yang dapat anda lakukan, antara lain:

1. Berikan Pijatan Untuk Menenangkan Mata Sebelah Kiri

Untuk menghilangkan mata kedutan ini, anda dapat menggunakan jari tengah anda untuk melakukan pijatan lembut pada kelopak mata sebelah kiri anda dengan gerakan memutar. Pijat selama kurang lebih 30 detik dan pastikan tangan anda dalam keadaan yang bersih untuk menghindari infeksi maupun iritasi. Cara ini dapat melancarkan sirkulasi darah bahkan dapat memperkuat otot mata anda.

2. Berlatih Menutup Mata Rapat-Rapat

Tutup mata anda selama kurang lebih 1 menit dan lakukan secara rapat atau menggunakan tekanan otot mata. Rapatkan kelopak mata anda kemudian lepaskan secara rileks tanpa membuka mata anda. Ulangi beberapa kali atau bisa dilakukan selam 5 kali. Dengan gerakan seperti ini, anda dapat meningkatkan produksi air mata untuk menjaga kekuatan otot mata.

3. Melakukan Pijatan AkupresurPada Mata

Pijatan akupresur ini diawali dari titik pinggir alis dekat tulang hidung menuju arah kiri, kemudian dari pojok mata sebelah kanan menuju kiri. Lakukanlah pijatan ini kurang lebih 5 menit dengan meletakkan jari telunjuk dan jari tengah di alis anda. Lakukan gerakan secara memutar hingga mata anda terasa lebih nyaman dan otot mata tidak tegang.

4. Mengompres Mata Dengan Air Hangat

Kedutan pada mata merupakan sebuah otot yang tegang karena syarafnya tidak bekerja secara normal. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengompresnya menggunakan kain yang diberi air hangat. Hal tersebut dipercaya dapat memberikan rasa relaxsasi pada otot yang tegang dan memberikan ketenangan. Anda dapat melakukannya dengan menahannya selama 1 menit dan ulangi beberapa kali sampai kedutan berkurang.

5. Berkedip-Kedip Secara Berulang

Jika dari beberapa cara diatas belum juga memberi efek pada mata anda, anda dapat melakukan gerakan berkedip secara berulang. Lakukan gerakan ini kurang lebih selama 30 detik. Kedipkan mata anda dengan gerakan yang lembut dan pastikan untuk melakukannya secara rileks. Kedipan yang dilakukan ini dapat menenangkan otot mata yang berkontraksi sekaligus dapat meratakan bola mata anda dengan cairan pelumas alami yang berada dimata.

6. Menutup Kelopak Mata Anda

Ketika anda mengalami kedutan ini, tentunya anda akan merasakan getaran pada mata yang tidak karuan. Berusahalah menghentikan getaran tersebut dengan menutup kelopak mata anda. Anda dapat menyipitkan dan menajamkan penglihatan anda untuk mengurangi tekanan yang ada. Ini bisa mengurangi kedutan mata karena kelelahan.

7. Istirahat Yang Cukup

Perawatan mata kedutan tergantung dengan kondisi yang dirasakan. Terkadang cara menghilangkan mata kedutan sebelah kiri ini bisa hanya dengan istirahat yang cukup. Cara ini dianggap paling efektif untuk mengatasi mata kedutan. Beberapa penyebab mengalami kedutan pada mata ini disebabkan oleh stres dan kurang tidur. Dengan istirahat yang cukup dan hidup dengan pola yang sehat, biasanya kedutan pada mata akan mudah diatasi dan tidak menyerang anda kembali.

Banyak orang yang beranggapan ketika mata kedutan disebelah kiri ini menjadi sebuah tanda kejadian yang buruk. Hal tersebut merupakan sebuah mitos karena merupakan otot  yang tegang pada mata. Jika dari beberapa cara tersebut tidak memberikan efek apapun terhadap kedutan mata anda. Untuk saran yang seperti ini, anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter  untuk diberikan tindakan lebih lanjut. Baik dengan memberikan obat ataupun operasi pada syaraf jika memang kondisinya sudah terbilang parah.