Inilah 7 Cara Menghilangkan Panu di Leher

Panu  atau Tinea Versicolor adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Tanda yang biasa muncul pada penderita panu adalah adanya bercak-bercak pada kulit yang disertai rasa gatal-gatal. Biasanya bercak yang muncul berwarna putih, namun bisa juga berwarna coklat, merah dan hitam tergantung kondisi kulit. Panu biasanya muncul di area yang sering berkeringat seperti leher, dada, ketiak, lipatan paha, dan lain-lain. Rasa gatal pada panu biasanya sangat terasa bila berkeringat. Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia ini tidak menular. Meskipun begitu penderita tetap harus segera menangani panu ini karena penyakit ini bisa meluas dan menimbulkan area kulit bersisik. Selain itu, penderita akan merasakan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal . Apabila anda mengalami panu, khususnya di leher anda tidak perlu merasa khawatir. Inilah cara menghilangkan panu di leher yang dapat anda coba sendiri di rumah.

1. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil sudah terkenal ampuh mengatasi jerawat, ketombe dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Hal itu disebabkan tea tree oil mengandung zat antiseptik yang mampu membasmi kuman dan jamur. Tea tree oil juga ampuh mengatasi panu. Cara menggunakannya adalah siapkan tea tree oil, minyak kelapa, serta minyak lavender. Campurkan 1 sendok teh minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender dalam satu wadah. Campuran itu diaduk rata, lalu usapkan pada leher yang terkena panu dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Anda juga dapat menambahkan minyak oregano untuk hasil maksimal.

2. Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan panu di leher lainnya yang patut dicoba adalah dengan cuka apel. Cuka apel mengandung zat anti-mikroba yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur di kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel caranya cukup mudah. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 sdm air hangat. Oleskan campuran tersebut pada panu dengan kapas. Setelah itu didiamkan  selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat

3.Menggunakan Ramuan Belimbing wuluh

Cara menghilangkan panu di leher selanjutnya adalah menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung senyawa glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, kalium sitrat serta zat anti jamur. Zat anti jamur pada Belimbing wuluh tentu saja mampu menghilangkan panu di leher. Siapkan 1 buah belimbing wuluh, lalu potong jadi 4 bagian. Usapkan belimbing wuluh tersebut pada leher yang terkena panu selama 5 menit. Biarkan ramuan itu mengering.

4. Menggunakan Lengkuas

Bumbu dapur satu ini juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan panu di leher. Lengkuas mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh seperti sodium, vitamin A, vitamin C, Amilum, Kuersetin, zat besi, flavonoid dan lain-lain. Senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada pada lengkuas dapat membasmi jamur penyebab panu. Cara memanfaatkan khasiat lengkuas pada panu adalah ; Potong-potong lengkuas yang masih segar, lalu diusapkan pada panu selama 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah menghaluskan 2 ruas jari lengkuas dan 1 sdt garam, lalu dioleskan pada panu. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Menggunakan Ramuan Kunyit

Cara untuk menghilangkan panu di leher lainnya adalah menggunakan kunyit. Kunyit mengandung kurkumin sebagai anti-oksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Selain itu kunyit mengandung minyak volatile sebagai anti inflamasi. Kunyit juga dikenal anti jamur sehingga cocok  untuk membasmi jamur penyebab panu. Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan kunyit. Pertama, kupas 1 ruas jari kunyit, lalu usapkan pada leher yang terkena panu selama 5 menit. Lalu diamkan sampai kering. Kedua, Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit. Tempelkan atau oleskan pada panu lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilaslah dengan air hangat.

6. Menggunakan Yogurt

Yogurt kaya akan protein, riboflavin, kalsium, juga probiotik yang bermanfaat bagi tubuh.  Probiotik pada yogurt dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur di kulit. Selain itu Yogurt juga dapat menghaluskan kulit yang terkena panu. Oleskan Yogurt tawar pada leher yang terkena panu, lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan yogurt tersebut dengan menggunakan air hangat. Tidak hanya dioleskan saja, disarankan anda meminum 2 gelas yogurt tawar setiap hari untuk mengobati infeksi jamur dari dalam.

7. Menggunakan ramuan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan panu di leher lainnya adalah dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa Flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Selain itu Jeruk Nipis mengandung vitamin C yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang baik. Anda harus mencampur jeruk nipis dengan belerang yang mengandung senyawa keratolitik yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti kuman.  Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan 1 sendok makan air jeruk nipis dengan 1 sendok makan belerang yang ditumbuk halus. Campurkan hingga bentuknya menjadi seperti krim. Oleskan pada leher yang terkena panu. Diamkan campuran tersebut hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.