7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Ketika Haid Yang Terbukti Ampuh

Haid atau menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina wanita yang disebabkan oleh adanya peluruhan dinding rahim karena sel telur yang tidak dibuahi. Terkadang kondisi ini menyebabkan adanya rasa sakit pada perut bagian bawah wanita. Biasanya menstruasi atau haid ini menghampiri wanita setiap bulan sekali. Memang tidak semua wanita mengalami sakit perut semacam ini. Namun ada banyak juga yang mengalaminya.  Jika Anda adalah salah satu yang mengalaminya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak ulasan berikut ini. Yaitu mengenai cara menghilangkan sakit perut ketika haid atau menstruasi pada wanita.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit perut ketika haid yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Alangkah baik bila Anda mengkonsumsi air putih yang hangat. Karena biasanya bagi wanita yang sedang haid mengalami sakit perut berupa kram perut. Maka dengan mengkonsumsi air putih hangat tersebut akan mengurangi rasa kram yang dialami. Sebab cairan yang hangat akan membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Jadi, ini akan sangat berperan untuk menghilangkan kram pada perut. Semisal terpaksa Anda tidak bisa minum air putih hangat Anda juga bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air. Contohnya  seperti semangka, mentimun, beri, pir dan masih banyak lagi.

2. Baringkan Tubuh Anda

Cara menghilangkan sakit perut ketika haid  yang kedua adalah dengan berbaring. Anda cukup membaringkan tubuh Anda ke ke Kasur atau sofa yang ada. Lalu letakkan bantal di bawah lutut Anda, dengan cara ini biasanya akan meredakan sakit perut yang Anda alami. Tarik nafas yang panjang melalui hidung lalu hembuskan melalui mulut. Lakukan cara ini berulang kali hingga perut Anda terasa nyaman. Anda juga bisa tidur sejenak untuk menghilangkan rasa sakit ini. Biasanya nanti setelah Anda bangun Anda akan merasakan  perut yang mulai hilang rasa sakitnya.

3. Gunakan Kompres Panas

Menggunakan kompres panas dan meletakkannya pada perut yang sakit juga bisa menjadi salah satu solusinya. Jika Anda tidak mempunyai alatnya Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan handuk  yang dicelupkan dalam air panas. Lalu peras sedikit agar tidak terlalu banyak mengandung air. Kemudian gunakanlah handuk panas tersebut ke perut atau pinggang Anda. Dengan cara ini kemungkinan besar perut Anda akan terasa lebih nyaman dan tidak sakit lagi.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur juga perlu dilakukan untuk dapat menghilangkan rasa sakit perut yang Anda alami. Tidak perlu olahraga yang membutuhkan banyak tenaga atau olahraga berat. Anda cukup berjalan jalan di dalam atau di sekitar  rumah saja.

Hal ini dapat sangat membantu mengurangi rasa sakit pada perut Anda. Atau jika tidak, olahraga yoga juga bagus untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda alami. Dengan yoga akan dapat membantu memperlancar peredaran darah dan juga dapat menghilangkan stres sekaligus juga baik untuk relaksasi bagi tubuh Anda.

5. Jangan Konsumsi Rokok Dan Alkohol

Hindari konsumsi rokok dan alkohol karena ini dapat memperparah keadaan yang ada. Dengan mengkonsumsi rokok dan alkohol ini bisa bisa perut Anda yang sakit menjadi semakin parah. Lebih baik Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat dan bergizi saja. Yang tentu akan dapat menghilangkan rasa sakit pada perut Anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman seperti susu, jahe , nasi merah, ayam, ikan, sayuran hijau dan masih banyak makanan sehat yang  lain.

6. Minum Jamu

Cara menghilangkan sakit perut ketika haid yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jamu. Mungkin bagi sebagian orang jamu dianggap sebagai minuman yang kuno atau ketinggalan zaman. Padahal jamu adalah minuman yang kaya akan manfaat di dalamnya. Salah satunya adalah dapat menghilangkan rasa sakit perut ketika haid pada wanita.

Anda bisa membuat jamu anti sakit perut  sendiri di rumah caranya dengan merebus ketiga bahan ini yaitu 15 sampai 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Setelah mendidih sisakan setengah lalu saring dan minumlah. konsumsi jamu ini dua kali sehari, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara ini juga tidak akan menimbulkan efek samping, karena jamu tersebut terbuat dari bahan bahan yang alami. Sehingga akan aman untuk di konsumsi oleh wanita yang sedang haid.

7. Konsultasi Ke Dokter

Setelah beberapa cara di atas tidak dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada perut Anda. Atau rasa sakit yang Anda alami dirasa semakin parah, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan konsultasi ke dokter. dengan cara ini Anda dapat menanyakan kepada ahlinya bagaimana solusi yang paling tepat yang bisa Anda lakukan. Untuk dapat menghilangkan rasa sakit perut yang Anda alami saat haid ini.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan sakit perut ketika haid atau menstruasi. Kiranya informasi di atas dapat menjadikan referensi bagi Anda yang mengalami sakit perut ketika Anda sedang menstruasi. Semoga ulasan di atas  dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda alami ya.

Tags: