7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Kiri Bawah Dengan Mudah

Anda pernah atau sering mengalami sakit perut terutama di bagian kiri bawah? Ada kemungkinan Anda terserang beberapa gejala penyakit yang patut untuk tidak diabaikan. Beberapa dalam tataran yang cukup ringan, beberapa bahkan level berat hingga mengancam jiwa. Nah, tentu Anda tidak mau tiba-tiba terserang penyakit tersebut dan sudah dalam level yang cukup parah. Beberapa informasi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda untuk lebih waspada dan cara menghilangkan sakit perut kiri bawah ini bisa menjadi alternatif. Selamat menyimak.

1. Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat Bagi PenderitaKonstipasi(Sembelit)

Bagi Anda yang pernah mengalami susah buang air besar yang disebabkan oleh sembelit, hal tersebut dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah. Beberapa gejalanya yaitu ketidakmampuan untuk mengeluarkan fese secara teratur dan cepat padahal biasanya rasa sakit akan hilang setelah berhasil buang air besar.

Gangguan ini dikatakan sembelit jika tidak mengeluarkan tinja, yang bertekstur keras, selama kurun waktu 3 kali dalam seminggu. Cara menghilangkan sakit perut kiri bawah yang bisa Anda coba yaitu dengan mengkonsumsi obat pencahar dan mengkonsumsi makanan tinggi serat.

2. Mengkonsusmsi Antibiotik Bagi Penderita Diverticulitis

Kondisi ini sering terjadi pada orang yang sudah tua atau berusia lanjut dan biasanya ia akan mengeluhkan tentang perut kiri bawah yang sangat sakit. Rasa sakit tersebut menyerang tiba-tiba dan apabila sudah cukup parah, dan memburuk dari waktu ke waktu, berpotensi hilang timbul. Rasa sakit tersebut juga dibarengi juga dengan gejala lain seperti demam, pembengkakan di daerah perut kiri bawah, kembung, mual muntah bahkan terkadang diare yang disertai darah merah terang.

Pada kasus yang masih ringan cara menghilangkan sakit perut kiri bawah ini yaitu dengan istirahat, melakukan perubahan diet, dan minum antibiotik. Dalam level yang parah operasi bisa sangat mungkin dilakukan.

3. Memperbanyak Konsumsi Air Putih Bagi Penderita Batu Ginjal

Ketika batu ginjal melewati saluran kandung kemih , maka akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut kiri bawah yang begitu parah dan mendadak. Rasa sakit tersebut dapat menjalar ke pinggang serta punggung, daerah perut kiri bawah termasuk pangkal paha. Rasa sakit tersebut biasanya menyerang secara bergelombang dan berfluktuasi. Gejala lain seperti mual, muntah, demam dan menggigil, nyeri saat buang air kecil, urin yang berwarna merah, merah muda, berbau busuk, urin keruh, dan sering buang air kecil.

Cara menghilangkan sakit perut kiri bawah yang dapat Anda dapat mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup  minimal 8 gelas dalam sehari. Air putih dapat menetralkan urin dan membuat ginjal memfilter urin dengan lebih bersih.

4. Meminum Jamu Herbal Bagi PenderitaDismenore

Pada wanita yang sedang mengalami haid atau mensturasi, sakit perut ini biasa disebut dengan dismenore. Dismenore bisa menyerang perut bagian kanan maupun kiri bawah. Istilah yang biasa dimaknai sebagai kram perut ini terjadi beberapa saat sebelum menstruasi dimulai, bahkan saat menstruasi berlangsung.

Nyeri yang muncul berasal dari otot dinding rahim yang mengalami kontraksi dan peluruhan. Salah satu cara menghilangkan sakit perut sebelah kiri yaitu dengan mengkonsusmsi jamu herbal. Kandungan herbal alami mampu meredakan nyeri secara perlahan.

5. Mengurangi Aktivitas Fisik Bagi PenderitaEndometriosis

Endometriosis merupakan gangguan pada organ reproduksi yang disebabkan karena pertumbuhan lapisan jaringan rahim di luar rongga rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri dan iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit, diare dan bahkan nyeri saat buang air kecil dan atau menstruasi. Sebenarnya untuk kondisi ini, penderita dianjurkan untuk melakukan perawatan secara intens kepada dokter.

Namun bila terlanjur menyerang, Anda dapat mencoba dengan mengurangi aktivitas fisik, sehingga kerja rahim tidak terlalu berat dan nyeri akan berkurang secara berangsur.

6. Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Obstruksi Usus

Obstruksi usus, atau biasa disebut dengan radang usus ini merupakan penyakit yang ditandai dengan nyeri akut di perut, diare berat, muntah dan buang air besar berdarah. Obstruksi usus yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Setiap kondisi yang menyebabkan obstruksi di bagian kiri usus kecil atau besar dapat menyebabkan nyeri perut pada bagian kiri bawah. Penyebabnya yaitu volvulus atau usus besar terpuntir, strangulasi hernia inguinalis, tumbuhnya tumor atau adhesi (band fibrosa jaringan di perut).

Hal tersebut menyebabkan sumbatan usus yang akan mencegah lewatnya makanan dan cairan sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri yang sangat parah berupa kram perut, hingga mual, muntah, dan diare atau sembelit. cara menghilangkan sakit perut kiri bawah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengatur pola makan, tidak memakan sembarang makanan, dan makan dengan hati-hati. Pastikan makanan tercerna dengan baik.

7. Melakukan Aktivitas Fisik Bagi Penderita Nyeri Pra- Menstruasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa, ketika seorang perempuan mengalami menstruasi, maka ia akan merasakan nyeri. Apabila nyeri sudah terlanjut menyerang, maka jangan abaikan hal tersebut. Sebab beberapa orang bahkan sampai pingsan karena menghiraukan hal tersebut. Nyeri tersebut biasanya disebabkan karena kurang lancarnya aliran darah sehingga kontraksi pada rahim akan tidak terkendali. Untuk menghindari hal tersebut, cara yang bisa dicoba yaitu dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti jogging.

Tags: