Gunakan 8 Cara Menghilangkan Sakit Perut Pada Anak Ini Sebagai Perawatan Di Rumah

Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang anak. Hal ini bisa disebabkan karena salah konsumsi makanan dan minuman, kram perut, diare, gangguan kesehatan khusus atau yang lainnya. Tentu saja sebagai orang tua, Anda akan merasa khawatir jika sakit perut mulai melanda anak Anda. Namun, sekarang Anda bisa tak perlu takut karena Anda bisa memberi perawatan langsung untuk Anda di rumah. Banyak cara menghilangkan sakit perut pada anak yang bisa anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa obat herbal yang praktis dan lebih hemat.

Cara Menghilangkan Sakit Perut Pada Anak

Sakit perut pada anak memang menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun, bukan berarti Anda patut meremehkannya. Anda harus segera mengatasinya agar sakit perut tidak semakin kronis hingga menimbulkan penyakit lainnya yang bisa jadi lebih berbahaya. Sebelum dibawa ke dokter, Anda bisa mencoba cara menghilangkan sakit perut pada anak dengan perawatan sendiri di rumah. Berikut penjelasannya :

1. Minuman Jahe

Selain menghangatkan tubuh, minuman jahe dipercaya mampu menjaga sistem pencernaan pada anak. Tak hanya itu, jahe juga juga berkhasiat meredakan asam lambung penyebab maag. Hal ini dikarenakan jahe mengandung gingerol aktif yang mampu menghilangkan sakit perut pada anak. Caranya sangat mudah. Anda tinggal merebus jahe segar bersama air hingga mendidih. Setelah selesai, Anda bisa memberikannya pada anak Anda.

2. Minuman Teh Daun Mint

Cara menghilangkan sakit perut pada anak juga bisa memanfaatkan daun mint. Daun yang dijadikan teh ini, dipercaya mampu mengatasi sakit perut yang diakibatkan oleh oleh sembelit, gas berlebihan dan lainnya. Selain itu, teh daun mint juga sangat baik untuk saluran usus.

Sistem pencernaan pun juga akan kembali normal. Hal ini karena adanya peningkatan darah dalam empedu oleh teh daun mint ini. Cara pengolahannya sangat praktis. Anda bisa langsung mencampurkan daun mint dengan air hangat atau dingin. Setelah itu, teh daun mint siap diminumkan pada anak.

3. Air Putih

Air putih bisa menjadi alternatif cara menghilangkan sakit perut pada anak paling mudah dan sederhana. Karena air putih mampu menggantikan elektrolit tubuh yang juga bisa Anda dapatkan dia air sayur sup dengan campuran bawang putih dan kaldu.  Tak hanya itu, Air putih juga berkhasiat mengatasi dehidrasi. Yaitu berfungsi sebagai pengganti cairan hilang. Anak yang muntah, mual-mual dan sakit perut akan terasa lebih baik setelah mengkonsumsi air putih ini.

4. Makanan Yang Halus

Sakit perut disebabkan karena keadaan usus yang terganggu dalam tubuh. Oleh karena itulah, Anda perlu memberinya makanan yang halus sehingga mempermudah usus untuk mencernanya. Jangan pernah memberi makanan yang kasar karena itu justru tak membuatnya menjadi jauh lebih baik. Minuman yang halus dan mudah dicerna bisa Anda jumpai pada roti putih sebagai pengganti karbohidrat.

Atau Anda juga boleh memberi nasi asalkan dihaluskan terlebih dahulu. Sehingga teksturnya lebih lunak dan sedikit serat. Untuk buah, Anda bisa memilih buah pisang yang sangat baik untuk mengatasi sakit perut pada anak. Hal ini karena adanya kandungan kalium dan kalsium yang tinggi dalam pisang.

5. Yoghurt

Yoghurt adalah sebuah minuman fermentasi susu yang sangat baik untuk mengatasi sakit perut pada anak. Kandungan bakteriLactobacillus dalam yoghurt membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Sehingga penyerapan nutrisi dalam usus akan meningkat. Tak hanya itu, yoghurt juga mampu menyembuhkan nyeri pada perut, kram perut, gas berlebihan, serangan virus dan sebagainya.

6. Hentikan Konsumsi Beberapa Makanan Ini

Selain mengobati, tentu saja Anda harus melakukan pencegahan agar sakit perut pada anak tidak semakin parah. Karena ada beberapa makanan yang justru semakin memberikan reaksi berlebihan pada perut anak. Makanan tersebut bisa meliputi makanan pedas, berserat tinggi, mengandung lemak berlebihan, garam yang tinggi, dan jenis rempah-rempah. Hal ini dikarenakan makanan ini bisa menjadikan perut anak Anda lebih sensitif dan dapat memicu gangguan lainnya. Sehingga dikhawatirkan terjadi iritasi, asam lambung dan penyakit perut berbahaya lainnya.

7. Air Lemon

Air lemon ternyata juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan sakit perut pada anak. Namun, tidak untuk semua jenis sakit perut. Air lemon tidak cocok untuk anak yang sakit perut karena maag, asam lambung dan iritasi lambung. Ada kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam air lemon. Sehingga bermanfaat melancarkan pencernaan dan menghilangkan penyakit flu dan masuk angin. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan air lemon dengan teh daun mint. Agar rasa masamnya tidak terlalu kuat.

8. Jus Lidah Buaya

Anda bisa mengatasi sakit perut pada anak dengan memberikan jus lidah buaya. Jus dari daun ini dipercaya mampu mengatasi sembelit, diare, kembung dan gas berlebihan. Selain itu, jus lidah buaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan menjadi lebih baik. Namun, alangkah baiknya Anda tidak menambah gula atau pemanis lainnya dalam jus. Serta tidak memberikan dalam jumlah yang berlebih pada anak yang sakit perut karena diare.

Tags: