8 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Hamil Yang Bisa Diterapkan

Setelah menjalani pernikahan dengan kekasih impian sebagian besar pasangan akan menantikan kehadiran malaikat kecil dalam kehidupan mereka. Namun siapa sangka bahwa kebahagian yang akan didapatkan tidak semulus apa yang dibayangkan. Bagi calon ibu yang sedang mengandung si buah hati akan mengalami beberapa masalah. Umumnya ketika usia kehamilan masih muda ada saja masalah baru yang ditimbulkan. Namun jangan khawatir masalah yang muncul seperti mengeluhkan sakit perut tergolong umum dan akan dialami oleh ibu-ibu hamil pada umumnya yang merupakan suatu adaptasi dalam menerima kondisi kehamilannya. Meskipun tergolong umum, anda bisa mencegahnya dengan cara menghilangkan sakit perut saat hamil agar anda bisa sedikit rileks mengandung calon malaikat kecil anda tersebut.

Menjadi seorang ibu merupakan impian semua wanita yang telah menikah. Mereka menginginkan buah hati sebagai penghuni baru yang akan memberikan suasana ceria di rumah nantinya. Namun proses kehamilan saat mengandung sering kali mendapati masalah seperti kram pada perut. Untuk itu anda perlu mencegahnya dengan cara menghilangkan sakit perut saat hamil seperti berikut ini :

1. Lakukan Senam Khusus Ibu Hamil

Yang perlu anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada perut yang sering kali muncul adalah dengan melakukan senam kehamilan secara rutin atau dengan meningkatkan mobilitas tubuh. Banyak jenis senam bagi ibu hamil yang bisa anda terapkan.

Namun alangkah lebih baiknya jika anda konsultasi kepada dokter spesialis untuk menanyakan jenis senam yang sesuai dengan kebutuhan anda nantinya. Atau dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan di sekeliling rumah saat pagi atau sore hari untuk membantu mengurangi rasa sakit pada perut.

2. Kompres Menggunakan Air Hangat

Cara menghilangkan sakit perut saat hamil selanjutnya adalah dengan mengompres bagian tubuh yang sakit menggunakan air hangat. Akan tetapi apabila setelah dikompres bagian tubuh tersebut malah menimbulkan efek gatal atau kemerahan lebih baik segera hentikan proses mengompres tersebut.

3. Coba Untuk Berbaring

Ketika rasa sakit pada perut tiba-tiba muncul anda bisa menghilangkannya dengan cara berbaring pada permukaan yang datar. Cara tersebut bermaksud untuk mendeteksi rasa nyeri pada bagian perut. Lakukan cara menghilangkan sakit perut saat hamil tersebut untuk mengetahui perut bagian mana yang tengah terasa nyeri.

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Air putih tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja, semua manusia disarankan untuk rutin mengkonsumsi air putih setiap harinya karena mempunyai peranan penting dalam metabolisme tubuh. Rasa nyeri yang timbul pada ibu hamil pun bisa terjadi karena dehidrasi.

Oleh sebab itu mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari merupakan cara menghilangkan sakit perut saat hamil. Terlebih jika anda berada di tempat dengan suhu udara yang panas, minum air putih secara rutin akan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan si buah hati.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Ketika usia kehamilan masih muda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur sangat dianjurkan. Selain dapat mencegah timbulanya nyeri atau kram pada perut anda, mengkonsumsi makanan sehat akan menutrisi ibu dan juga janin. Cara menghilangkan sakit perut saat hamil  ini disinyalir cukup ampuh dalam mengatasi sakit perut akibat tidak seimbangnya hormon dalam tubuh sehingga menciptakan sebuah kontraksi bernama Braxton Hicks.

6. Istirahat Yang Cukup

Kram pada ibu hamil sendiri disebabkan oleh penguatan otot-otot rahim sehingga membuat tulang panggul melebar untuk mempersiapkan kehamilan serta bertujuan untuk menopang rahim yang membesar. Oleh sebab itu ketika hamil ada baiknya untuk menghindari aktivitas berat yang nantinya berakibat buruk pada kesehatan anda dan janin. Mulailah untuk menata jadwal harian agar kebutuhan istirahat tercukupi dengan baik.

7. Hindari Makanan Berfermentasi

Rasa sakit yang timbul pada perut ibu hamil bermacam-macam. Apabila anda sering merasakan sakit perut akibat kembung lebih baik untuk menghindari makanan berfermentasi karena akan berakibat buruk pada kesehatan anda. Selain itu hindari mengkonsumsi supplemen sembarangan tanpa resep yang dianjurkan oleh dokter yang bisa jadi akan berakibat fatal bagi janin yang anda kandung. Konsumsi supplemen hanya dengan yang telah dianjurkan oleh dokter specialis kandungan.

8. Refreshing

Cara menghilangkan sakit perut saat hamil selanjutnya adalah dengan melakukan refreshing otak untuk kembali rileks. Karena kram yang terjadi pada perut bisa juga diakibatkan karena adanya tekanan berat, depresi atau stress yang sedang dialami oleh ibu hamil. Lakukan peregangan dengan cara pergi ke tempat yang menyenangkan untuk menghibur diri. Karena selain mengganggu kesehatan ibu hamil, stress yang dialami oleh si ibu juga akan mempengaruhi perkembangan janin.

Dengan refreshing untuk menenangkan pikiran akibat masalah pribadi ataupun masalah kehamilan yang sedang dideritanya akan menurunkan potensi stress tersebut. Meskipun sakit pada perut seringkali dialami oleh ibu-ibu hamil anda perlu mewaspadainya apabila sakit perut tersebut sering kali terjadi. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan segera mendapat penanganan dari yang telah berpengalaman.

Tags: