Mengenal Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobati Amandel Pada Anak

Perlu diketahui untuk orang tua jika amandel sangat rentan menyerang anak. Sebenarnya, didalam tubuh manusia terdapat amandel, tetapi tidak terinfeksi. Amandel merupakan suatu jaringan kelenjar getah bening yang terlihat menonjol disisi kiri dan di bagian pangkal tenggorokan. Pada anak-anak, ukuran amandel lebih besar dari pada orang dewasa. Hal ini karena disaat seseorang dewasa kelenjar ini mengalami penyusutan. Kita harus benar benar menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit amandel. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengobati amandel pada anak.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Amandel

Fungsi amandel yaitu sangat berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Pada usia anak anak kelenjar ini memiliki fungsi yang terdepan untuk melawan kuman atau virus yang akan masuk melalui mulut. Penyebab penyakit amandel yaitu bakteri streptococcus. Inilah yang menyebabkan amandel terinfeksi dan meradang. Adapun gejala dari anak yang mengalami amandel yaitu tenggorokan meradang dan terasa sakit hingga 2 hari berturut turut, sulit menelan makanan, sulit untuk berbicara atau serak, adanya pembengkakan pada bagian leher, dan demam.

Cara Mengobati Amandel Pada Anak

Jika penderita sudah terserang infeksi amandel, maka tentu saja akan merasakan hal yang sakit di bagian tenggorokan disertai dengan demam. Untuk itu kita harus menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak terkena penyakit ini. Adapun cara mengobati amandel pada anak adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Adalah cara utama agar terhindar dari penyakit ini. Jika selesai makan, lebih baik jika langsung menggosok gigi. Begitu juga jika akan tidur, dan bangun tidur. Karena, jika kita malas untuk menjaga kebersihan mulut, bakteri atau virus sangat mudah untuk menyaring dan masuk dalam tubuh kita. Selain itu, mereka juga mudah untuk berkembang biak dan menyebabkan suatu infeksi. Menjaga higienitas alat makan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Dengan begitu, kita akan meminimalisir masuknya bakteri yang akan menyebabkan radang pada amandel.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Kita harus menjaga pola makan sehingga nutrisi terpenuhi dengan baik. Baik untuk karbohidrat, mineral, vitamin, protein, lemak semuanya harus seimbang. Kita juga sebaiknya harus menghindari makanan yang terlalu pedas. Karena, hal itu dapat menyebabkan tenggorokan kita merasa tidak nyaman. Jika Anda sudah terkena amandel, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang halus dan lembut seperti bubur atau nasi yang disertai dengan kuah.

3. Berkumur Dengan Air Hangat

Hal ini dapat dilakukan rutin di rumah masing masing. Ini adalah cara sederhana yang mampu untuk membantu amandel agar tidak bengkak. Setidaknya, jika kita rajin untuk berkumur dengan air hangat akan sedikit menyusutkan amandel yang radang dan membengkak.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Selain berkumur, kita juga harus memperbanyak minum air putih. Karena ini merupakan sumber mineral yang paling utama. Perlu diketahui akan lebih baik jika meminum air putih tanpa disertai es. Mengapa demikian? Karena, jika kita menambahkan es akan menyebabkan infeksi menjadi semakin meradang. Oleh karena itu, minumlah air putih alami yang tidak disertai dengan es.

5. Istirahat Dengan Cukup

Infeksi amandel memang menyerang daya tahan tubuh pada suatu individu. Untuk itu, kita harus menjaga dan mengatur pola istirahat atau tidur. Kurangilah aktivitas dari hari biasa untuk sementara waktu. Hal ini dapat membantu menaikkan kekebalan tubuh kita yang terserang bakteri ataupun virus.

6. Mengurangi Berbicara

Karena terjadi pembengkakan pada wilayah tenggorokan, maka kita harus mengurangi bicara. Jangan membicarakan sesuatu yang terlalu berlebihan dan terlalu keras. Karena, saat kita mengeluarkan suara membutuhkan tenaga yang dihasilkan oleh kelenjar atau otot tertentu dalam mulut (tenggorokan) kita. Untuk itu, berbicara terlalu sering perlu dihindari saat terkena infeksi amandel.

7. Minum Air Jahe Dan Madu

Cara alami ini adalah cara yang terbilang cukup ampuh untuk penyakit ini. Jahe memiliki banyak kandungan didalamnya. Untuk membuat minuman ini cukup mudah. Yaitu dengan merebus jahe dalam air disertai dengan cairan madu. Memang benar jika jahe memiliki rasa yang lumayan pedas. Oleh karena itu, jangan memberikan jahe terlalu banyak untuk ramuan ini. Karena rasa pedas akan lebih memperburuk amandel yang membengkak. Minuman Air Jahe dan Madu memang obat herbal yang sangat ampuh. Namun, untuk anak-anak biasanya tidak terlalu menyukainya. Jika anak tidak ingin meminumnya, ramuan ini juga bisa hanya digunakan untuk berkumur saja.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang penyebab, gejala, dan cara mengobati amandel pada anak. Namun apabila dengan cara-cara tersebut amandel anak anda tidak kunjung sembuh juga, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Dengan begitu, akan diketahui apa saja penyebab amandel. Karena, pada dasarnya setiap manusia memiliki ukuran amandel yang berbeda-beda. Biasanya, dokter memberikan antibiotik untuk penderita dengan kasus penyakit amandel yang tidak terlalu parah. Namun, untuk amandel yang sudah kronis biasanya akan dilakukan tindakan operasi.