10 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Tanpa Efek Samping

Asam urat disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam ataupun luar persediaan. Dan merupakan salah satu dari ratusan jenis peradangan sendi yang sering menyerang. Biasanya di akibatkan oleh meningkatnya produksi asam urat dalam tubuh. Namun juga bisa karena berkurangnya pembuangan asam urat oleh ginjal. Biasanya menyerang pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku dan dengkul dengan rasa nyeri pada malam atau pagi hari. Lalu apakah asam urat bis diobati secara alami? Tentu saja bisa. Berikut 10 cara mengobati asam urat secara alami tanpa efek samping.

1. Menggunakan Jahe

Sifat anti inflasi yang ada pada jahe sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan asam urat. Ada beberapa cara dalam menggunakan jahe sebagai obat asam urat. Dapat menjadikan jahe sebagai wedang jahe dan minumlah minimal 1 kali sehari. Bisa juga dengan memasukkan jahe ke dalam masakan. Atau mencampur jahe dengan sedikit air kemudian lembutkan setelah lembut oleskan pada bagian yang sakit. Lakukan minimal 1 kali sehari.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengobati asam urat secara alami bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak jenuh tunggal yang akan tetap stabil meski di panaskan. Selain itu minyak zaitun juga mempunyai manfaat anti inflasi sehingga mengurangi rasa sakit, mengandung vitamin E, dan anti oksidan.

3. Konsumsi Air Lemon

Lemon mempunyai kandungan alkalin yang mampu menetralkan dan vitamin C yang dikandungnya membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Caranya ambil 1 buah lemon kemudian belah menjadi dua. Peras airnya dan masukkan kedalam segelas air hangat. Minumlah saat pagi hari pada saat perut masih dalam keadaan kosong. Lakukanlah setiap hari selama beberapa minggu. Dapat juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C.

4. Memanfaatkan Baking Soda

Dengan nama lain soda bikarbonat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Membantu mempertahankan keseimbangan alkalin alami dalam tubuh. Dan menjadikan asam urat mudah larut agar mudah dibuang oleh ginjal. Caranya dengan mencampur setengah sendok teh baking soda dengan segelas air. Minumlah maksimal 4 gelas sehari dalam 2 minggu. Jangan jadikan minuman ini sebagai kebiasaan sehari hari atau diminum oleh orang tua berusia lebih dari 60 tahun.

5. Konsumsi Buah Ceri

Buah ceri disebut sebagai obat asam urat yang ampuh. Warnanya yang gelap mengandung zat yang membantu menurunkan asam urat. yang berwarna biru dan ungu mengandung flavonoid bernama antosionin yang membantu mengatasi asam urat dan mengurangi inflamasi serta kekakuan pada sendi sendi. Makan setengah mangkuk ceri setiap hari selama beberapa minggu bisa mengurangi asam urat. Bisa juga dengan meminum 1 sampai 2 gelas jus buah ceri dalam 4 minggu setiap hari. Perbanyaklah makan blueberry, tomat, paprika, dan strawberry.

6. Mengobati Asam Urat Dengan Pare

Sayuran pare mempunyai rasa yang sedikit pahit. Rasa pahit yang ada pada pare ternyata mempunyai manfaat menyembuhkan asam urat. Berikut adalah cara menyembuhkan asam urat menggunakan pare.

  • Pertama belah buah pare segar dan ambillah bijinya.
  • Cuci bersih dan dipotong potong lalu rebus menggunakan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.
  • Tunggu hingga dingin dan saring kemudian minum sampai habis.
  • Minumlah 1 kali sehari.

7. Menggunakan Kumis Kucing

Kumis kucing mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari kumis kucing adalah sebagai cara mengobati asam urat secara alami. Berikut cara mengobati asam urat menggunakan kumis kucing.

  • Cuci bersih kumis kucing sebanyak 100 lembar.
  • Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tinggal tersisa 1 gelas saja.
  • Tunggu hingga dingin, saring kemudian minum sehari 1 kali pada pagi hari.

8. Mengobati Asam Urat Dengan Daun Salam

Daun yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para perempuan. Daun salam ternyata selain sebagai bahan penyedap masakan. Mempunyai manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan asam urat.  Cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama siapkan daun salam sebanyak 10 lembar dan air 400 cc.
  • Rebus daun salam dengan air sebanyak 400 cc tersebut.
  • Tunggu hingga tersisa 1 gelas air saja dan minumlah 2 kali sehari.

9. Konsumsi Cengkeh Dan Ubi Jalar

Tentu tidak asing lagi dengan cengkeh dan ubi jalar. Ternyata ubi jalar dan cengkeh dapat menjadi cara mengobati asam urat secara alami. Cara mengobatinya yaitu dengan.

  • Siapkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 biji pala, 15 gr jahe merah, 200 gr ubi jalar dan 1000 ml air bersih.
  • Cuci bersih bahan bahan yang ada kemudian rebus dengan air hingga mendidih dan tersisa setengahnya.
  • Saring dan minum selagi masih hangat dan untuk ubi jalarnya dapat dikonsumsi langsung secara terpisah.

10. Konsumsi Seledri

Tanaman seledri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Ternyata di dalam biji seledri mempunyai manfaat dalam mengobati asam urat. Cara dalam mengobati asam urat menggunakan biji seledri  sebagai berikut.

  • Rebus 1 biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas saja.
  • Minum sangat hangat dan minumlah 2 sampai 3 kali sehari tergantung kondisi asam urat (ringan atau berat).

Itulah 10 cara mengobati asam urat secara alami. Selalu terapkan hidup sehat agar asam urat tidak kambuh kembali. Semoga bermanfaat.