10 Cara Mengobati Cacingan Pada Bayi Secara Alami

Biasanya cacingan terjadi pada orang dewasa namun tak jarang juga menyerang pada bayi atau anak anak. Ini disebabkan karena makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh telur cacing. Untuk mengenali gejala cacingan pada bayi akan terlihat pada gejala gejala yang ditimbulkan. Seperti rewel, kurus, diare, dan hilang nafsu makan. Berikut adalah 10 cara mengobati cacingan pada bayi secara alami.

1. Menggunakan Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin A yang tinggi. Selain untuk melindungi mata dari berbagai jenis penyakit dan meningkatkan kesehatan pada mata. Vitamin A juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan parasit didalam tubuh salah satunya cacing. Untuk mengobati cacingan menggunakan wortel dengan cara sebagai berikut. Sediakan 5 buah wortel  kupas, cuci sampai bersih, dan parut. Kemudian siapkan sebanyak 10 sendok makan santan kelapa dan 6 sendok makan air matang. Cara pembuatanya peras parutan wortel dengan menambah air matang. Setelah itu ambil perasan dari wortel sebanyak 8 sendok makan dan campurkan dengan air santan. Obat cacing tersebut sudah siap untuk diminum.

2. Memanfaatkan Bawang Putih

Cara mengobati cacingan pada bayi salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Pembuatan ramuan ini sangat mudah  caranya adalah sebagai berikut. Pertama siapkan 3 butir bawang putih, 30 gr akar pepaya, dan gula merah secukupnya. Gula merah dipotong potong dan semua bahan yang dibutuhkan dicuci bersih. Kemudian rebuslah dengan air mendidih sekitar 600 cc dan tunggu hingga air yang tersisa 300cc saja. Minum selagi hangat dan lakukan sebanyak sehari dua kali. Namun ada cara lain dalam menggunakan bawang putih untuk mengobati cacingan. Yaitu dengan menempel parutan bawang putih pada anus.

3. Menggunakan Kulit Mangga

Tidak disangka kulit mangga ternyata mempunyai manfaat yang bagi kesehatan. Kulit mangga dapat dijadikan sebagai obat cacingan. Mempunyai kandungan antelmintik sehingga ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri dalam perut. Cara membuatnya sangat mudah cuci bersih kemudian rebuslah selama kurang lebih 15 menit. Taruhlah pada gelas dan segera diminum ini merupakan cara ampuh dalam membunuh larva cacing dan bakteri dalam perut.

4. Konsumsi Ekstrak kunyit

Kunyit mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya membunuh cacing dan membersihkan telur cacing pada usus. Caranya dengan mencampurkan ekstrak kunyit dengan susu atau bisa diganti dengan air hangat. Minumlah ramuan ekstrak kunyit pada saat malam hari sehingga dapat membuang cacing pada pagi harinya.

5. Minum Air Rebusan Krokot

Cara mengobati cacingan pada bayi yang lain adalah dengan menggunakan tanaman krokot. Dalam Hal ini yang dimanfaatkan ialah air rebusannya. Caranya siapkan krokot dan cuci bersih kemudian rebus krokot dengan air sebanyak 600 cc. Tunggu hingga menjadi 300 cc setelah itu minum air rebusan dan rebusannya 2 kali sehari.

6. Konsumsi Jus Pisang Dan Lemon

Ternyata jus pisang dan melon merupakan salah satu cara mengobati cacingan pada bayi yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membersihkan telur cacing di dalam perut. Di dalam pisang mengandung bahan pencahar yang dapat membuang cacing dalam saluran pencernaan. Sedangkan pada melon mengandung zat oligosakarida dan anti protozoa yang dapat merangsang kontraksi pada usus dan membunuh bakteri didalam perut. Cara membuat jus pisang dan melon sama seperti jus biasa hanya saja dengan tidak menambahkan air.

7. Memanfaatkan Biji Pepaya Matang

Kandungan dalam biji pepaya sangat baik untuk membunuh cacing yang berkembang pada saluran pencernaan. Pepaya mengandung senyawa senyawa yang dapat membunuh parasit yang menyebabkan cacingan pada perut. Selain itu juga dapat menyembuhkan peradangan yang diakibatkan cacing dan telur cacing. Biji pepaya sangat efektif membunuh cacing gelang dan cacing kremi. Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan dengan menggunakan biji pepaya dan madu. Caranya sebagai berikut biji pepaya dikeringkan kemudian ditumbuk hingga menjadi halus. Setelah itu seduh dengan air setengah gelas dan tambahkan madu. Minumlah secara teratur 2 kali sehari.

8. Konsumsi Biji Labu

Pada biji labu mengandung senyawa yang baik untuk membunuh cacing yang cara kerjanya melemahkan cacing dan semua induk cacing di dalam usus. Caranya dengan mengkonsumsi biji labu 10 sampai 20 biji dalam sehari.

9. Konsumsi Jus Delima

Selain akarnya banyak bagian dari delima yang bisa digunakan dari batang, biji, dan buah delima bisa digunakan obat. Buah delima menjadi obat alami untuk mengobati cacingan dan dapat membantu membersihkan usus. Buatlah jus delima dengan menambah sedikit air namun tidak menambahkan gula atau madu ke dalamnya.

10. Konsumsi Jus Nanas

Nanas termasuk buah yang banyak mengandung vitamin C dan kaya akan serat yang yang baik untuk pencernaan. Mempunyai kandungan Bromelain yang dapat membunuh cacing kremi, cacing pita, dan cacing gelang didalam perut. Cara membuatnya adalah sebagai berikut siapkan buah nanas kupas hingga bersih dan dipotong kecil kecil. Masukkan pada blender hingga halus kemudian minum jus nanas setiap hari dengan tidak menambahkan air atau madu.