Penyebab Dan 7 Cara Mengobati DBD Pada Orang Dewasa Dengan Bahan Alami

DBD atau disebut juga dengan Demam Berdarah merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Dengan musim yang tidak menentu akhir akhir ini, menyebabkan penyakit ini mudah terjadi karena sistem metabolisme yang kurang kuat. DBD yang disebabkan oleh nyamuk ini dapat menyerang berbagai usia, mulai anak anak  hingga dewasa. Jika Anda terserang DBD maka harus segera ditangani. Karena, jika tidak ditangani atau bahkan terlambat akan berakibat fatal. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan penyebab dan cara mengobati DBD pada orang dewasa.

Penyebab Dan Gejala Demam Berdarah

Disebabkan oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Penyakit ini tidak menular antara manusia yang terserang penyakit dengan manusia lain. Demam berdarah sangat banyak dialami oleh negara yang beriklim tropis dan subtropis. Salah satunya yaitu negara Indonesia. Setelah ditelusuri, tercatat di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bahwa kurang lebih terdapat 71.668 dengan jumlah 641 orang meninggal pada tahun 2014. Untuk itu, Anda harus waspada dan mengetahui gejala penyakit ini. Adapun gejala yang sangat umum yaitu diare, menggigil, hidung berdarah, nyeri, dan muntah.

Cara Mengobati DBD Pada Orang Dewasa Secara Alami

Anda harus menjaga kebersihan anda maupun lingkungan agar terhindar dari demam berdarah. Namun, jika anda sudah kena penyakit ini harus segera ditangani agar tidak terjadi kesalahan fatal. Lantas bagaimana cara penanganannya? Inilah cara mengobati DBD pada orang dewasa Secara Alami

1. Mengambil Ekstrak Angkak

Yang sangat dianjurkan untuk penderita DBD adalah Angkak. Manfaatnya sangat banyak dan dijamin ampuh untuk penderita demam berdarah. Angkak adalah jenis beras merah yang difermentasi dengan Monascus Purpureus. Beras merah ini berasal dari tiongkok. Kandungannya sangat bagus untuk meningkatkan trombosit dalam tubuh penderita. Karena, pada kondisi ini penderita mengalami penurunan trombosit yang sangat drastis. Untuk cara mengkonsumsi angkak adalah dengan merendam angkak dalam air matang dan  biarkan sampai beberapa jam sampai air berubah warna menjadi merah pekat. Setelah itu, minumlah air rendaman angkak tersebut. Jika Anda tidak ingin repot untuk membuatnya, angkak sudah disediakan dalam kemasan teh celup herbal yang dapat dijumpai di apotek sekitar. Terkadang, jika Anda berobat akan diberikan angkak berbentuk kapsul dan lain sebagainya. Inilah sebabnya Angkak menjadi obat alami demam berdarah yang sangat direkomendasikan.

2. Mengkonsumsi Air Kelapa Muda

Menurut beberapa penelitian, sebenarnya hal yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah adalah sesuatu cairan yang dapat melepas dahaga dan mengandung elektrolit yang tinggi. FAO menjelaskan secara resmi jika air kelapa muda adalah bahan alami yang kaya vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Didalamnya terdapat beberapa kandungan baik seperti klorida, kalium, sodium, dan magnesium. Selain itu, terdapat protein dan vitamin C dan B. Kandungan dalam air kelapa ini dianggap mendekati sempurna karena memiliki keseimbangan yang cocok dan sama dengan metabolisme dalam tubuh manusia. Untuk cara konsumsinya sangat mudah yaitu dengan langsung meminum air kelapa muda yang masih fresh atau baru.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Vitamin C

Makanlah buah maupun sayur yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk atau buah yang lainnya. Karena, vitamin C sangat baik dalam hal peningkatan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan.

4. Mengkonsumsi Air Daun Pepaya

Untuk obat alami ini perlu beberapa langkah untuk mengkonsumsinya. Yaitu dengan cara mengambil ekstrak atau sari dari daun pepaya tersebut. Dapat dilakukan dengan cara merebus hingga daun pepaya mendidih dan air tersisa setengah dari tempat merebusnya. Memang rasanya agak sedikit pahit. Namun, cara ini sangat ampu dan tidak banyak diketahui banyak orang. Ekstrak daun pepaya dapat memulihkan dan menstabilkan dinding sel (keping darah). Sehingga, tubuh akan kebal dan tidak mudah terserang oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

5. Makan Jambu Biji

Cara mengobati DBD pada orang dewasa salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi jambu biji. Orang yang terkena demam  berdarah akan merasa dehidrasi dan kekebalan tubuh menurun dengan cepat. Untuk itu jambu biji dipilih untuk itu. Didalam buah ini, terdapat kandungan yang bernama quercetin. Kandungan ini akan menekan dan memperlambat pertumbuhan virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Selain quercetin, jambu biji juga mengandung trombinol yang merupakan suatu zat yang dapat membentuk trombosit atau keping darah yang baru.

6. Minum Banyak Air Putih

Bagi penderita demam berdarah yang dirawat dirumah sakit, memang diberikan cairan infus. Ini diberikan untuk mengganti cairan tubuh yang menurun akibat virus yang ditularkan nyamuk. Untuk penderita yang tidak dirawat di rumah sakit sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih untuk mengganti cairan yang hilang akibat muntah, diare, atau gejala lainnya saat demam berdarah.

7. Mengkonsumsi Obat Ekstrak Kunyit

Mengambil sari kunyit yang kaya akan antibiotik ini  sangat di anjurkan untuk penderita demam berdarah. Mengandung kandungan seperti antioksidan, anti sel kanker, anti bakteri, dan anti virus. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus kunyit yang ditambah air hingga menjadi campuran ekstrak kunyit yang sangat baik untuk penderita DBD.