7 Cara Mengobati Sakit Gula Kering Secara Alami Dan Gejalanya

Diabetes atau Kencing Manis adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula di dalam darah. Umumnya Diabetes dialami oleh orang yang obesitas, dan lanjut usia. Tapi tak jarang  anak-anak bahkan dewasa awal mengidap gangguan ini. Penyakit diabetes banyak jenisnya, salah satunya dikenal dengan istilah Diabetes kering.  Diabetes kering atau sakit gula kering merupakan bagian dari gangguan diabetes yang gejalanya  ditandai dengan kondisi penderita diabetes terlihat kurus kering. Diabetes kering ini bisa jadi tanda awal diabetes tipe 2, yaitu kondisi insulin dalam tubuh penderita mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan tubuh kebal terhadap kandungan glukosa dalam darah. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya seperti obesitas, sering mengonsumsi makanan tidak sehat, stress faktor genetik dan lain-lain. Artikel ini akan membahas gejala dan cara mengobati sakit gula kering secara alami.

Gejala Sakit Gula Kering

Apabila anda mengalami gejala sebagai berikut, anda harus waspada. Mungkin ada terkena sakit gula kering. Ciri-ciri tersebut adalah :

  • Sakit kepala
  • Mudah lapar
  • Sering merasa haus dan frekuensi buang urine meningkat
  • Area mulut terlihat lebih kering dan bau mulut
  • Badan terasa  mudah lemas dan pegal pada bagian otot
  • Berat badan terus menurun
  • Terjadi pembengkakan pada kaki
  • Kulit terasa gatal
  • Luka pada kulit sulit mengering

Cara Mengobati Sakit Gula Kering Secara Alami

Apabila anda mengalami gejala seperti diatas, jangan khawatir. Inilah cara mengobati sakit gula kering secara alami yang dapat anda coba sendiri di rumah

1. Biasakan Diri Mengonsumsi Makanan Sehat

Untuk mencegah diabetes kering semakin memburuk, anda harus menjaga pola makan dengan makan makanan bergizi. Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian biasanya memiliki indeks glikemik rendah sehingga gula darah anda tidak ikut naik. Selain itu, makanan kaya serat juga membuat anda kenyang lebih lama sehingga anda tidak mudah merasa lapar.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Salah satu penyebab diabetes kering adalah kurangnya berolahraga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi penderita diabetes kering untuk melakukan aktivitas fisik. Misalnya, senam aerobik, jogging, berenang, dan lain-lain. Olahraga juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Ramuan Daun Sambiloto

Daun sambiloto dapat menjadi alternatif cara mengobati sakit gula kering secara alami. Daun sambiloto mengandung andropholide yang bersifat hipoglikemik (mampu menurunkan kadar gula darah).  Oleh karena itu, daun sambiloto cocok untuk mengobati sakit gula kering. Cara memanfaatkan khasiat herbal ini adalah ; cuci bersih beberapa lembar daun sambiloto, lalu rebus dengan 1 liter air. Ketika sudah tinggal 250cc, angkat dan biarkan agak dingin.  Ramuan ini disaring dan diminum airnya secara rutin.

4. Ramuan Daun Salam

Cara mengobati sakit gula kering secara alami lainnya adalah dengan ramuan daun salam. Daun salam atau nama latinnya disebut syzgium polyanthum ini mengandung vitamin C dan A, Flavonoid, Antioksidan, dan lain-lain. Cara membuat ramuan daun salam ini adalah ; beberapa lembar daun salam dicuci sampai bersih, lalu rebus daun itu dengan air sampai mendidih. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari.

 5., Ramuan Daun Tapak Dara

Tapak dara merupakan salah satu jenis bunga tanaman hias . Ternyata selain bunganya yang cantik, tapak dara juga menjadi salah satu cara mengobati sakit gula kering secara alami. Hampir setiap bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Alkaloid pada tanaman tapak dara dapat merangsang hormon insulin menjadi aktif mengantarkan gula darah ke dalam sel untuk diubah menjadi energi. Cara mengolah ramuan ini adalah ; cuci bersih 10-16 lembar daun tapak dara, lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan tinggal 1 gelas air, saring dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan ini pada pagi dan sore hari secara rutin.

6. Ramuan Daun Pegagan

Daun pegagan atau antanan  mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Ternyata daun pegagan ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah penderita sakit gula kering. Cara mengolahnya juga mudah, yaitu: Cuci bersih  25 sampai 50 lembar daun pegagan, lalu rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Tunggu hingga dingin, lalu  minum ramuan daun pegagan ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

7. Ramuan Bawang Putih

Salah satu cara mengobati sakit gula kering secara alami lainnya adalah mengonsumsi bawang putih. Ternyata, khasiat bawang putih untuk menyembuhkan sakit gula atau diabetes ditemukan oleh Aristoteles (seorang filsuf Yunani) pada tahun 335 sebelum masehi. Bawang Putih memiliki senyawa Alisin yang berfungsi melawan penyakit degeneratif dan menumbuhkan sel baru. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengonsumsi bawang putih, misalnya dengan memakan bawang putih tiga kali sehari setiap hari. Misalkan jika berat badan anda lebih dari 60 kilogram, anda bisa mengonsumsi 2 siung bawang putih.  Apabila berat badan anda kurang dari 60 kilogram, anda bisa mengonsumsi 3 siung bawang putih. Anda dapat memakan bawang putih dengan berbagai cara. misalnya seperti memakan bawang putih dengan sambal kecap, menyeduh dengan air panas, atau di jus.

Berikut adalah cara mengobati sakit gula kering  secara alami. Apabila gejala yang anda alami tidak kunjung membaik, segera hubungi pihak medis untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.