9 Cara Mengobati Sariawan Di Tenggorokan Yang Praktis dan Ampuh

Pernahkah anda mengalami kesulitan dan kesakitan saat menelan makanan gara-gara sariawan di tenggorokan? Yups, walaupun terlihat sepele, luka kecil akibat sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas anda terutama saat makan, berbicara dan gosok gigi. Sariawan di tenggorokan biasanya terjadi karena adanya jaringan yang terluka, alergi makanan, infeksi virus atau mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Normalnya, sariawan akan sembuh sendiri meskipun tanpa diberi pengobatan khusus. Namun hal itu akan berlangsung lama dengan jangka waktu yang berbeda-beda tiap orangnya. Dan nyeri yang disebabkan sariawan sedikit banyak akan mengganggu performa kerja anda . Untuk itu, anda harus segera mengobati sariawan agar nyeri akibat sariawan yang mengganggu aktivitas anda bisa cepat menghilang. Berikut ini ada 9 cara mengobati sariawan di tenggorokan yang ampuh dan praktis.

1. Minum Air Putih Yang Banyak

Salah satu faktor pemicu sariawan adalah kurangnya konsumsi air putih yang menyebabkan dehidrasi. Untuk itu, cara mengobati sariawan di tenggorokan yang pertama adalah memperbanyak minum air putih. Tak hanya sebagai pencegah sariawan, minum air putih yang cukup juga akan membuat ginjal anda tetap sehat. Sehingga jika anda mengonsumsi air putih yang cukup anda akan mendapatkan double manfaat. Dalam sehari, setidaknya anda mengkonsumi air putih minimal 8 gelas atau kurang lebih 2 liter. Dan yang terpenting adalah kurangi minum-minuman bersoda atau minuman instan dengan pemanis buatan terlebih saat sariawan melanda.

2. Menghindari Makanan Penyebab Sariawan

Makanan yang kurang sehat juga dapat memicu munculnya sariawan. Contohnya adalah makanan yang pedas, berminyak pekat dan keras seperti kerupuk dan keripik serta makanan bersantan. Makanan jenis ini selain memiliki kandungan asam yang tinggi juga dapat menyebabkan iritasi yang lebih parah pada luka sariawan. Untuk itu, bagi anda yang memiliki sariawan di tenggorokan, lebih baik anda menghindari dulu makanan tersebut.

3. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mengobati sariawan di tenggorokan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyediakan air hangat setengah gelas lalu tambahkan seperempat sendok garam dapur. Aduk hingga larut sempurna lalu gunakan untuk berkumur kurang lebih selama satu menit. Pastikan air garam mengenai area tenggorokan yang terkena sariawan. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam sehari agar sariawan cepat menghilang.

4. Menggunakan Jus Bawang Putih

Cara mengobati sariawan di tenggorokan dengan menggunakan jus bawang putih memang kurang begitu familiar di kalangan masyarakat. Namun cara ini patut anda coba mengingat manfaat bawang putih untuk kesehatan yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain praktis, bawang putih pun mudah didapatkan. Anda bisa membuat jus bawang putih dengan madu untuk berkumur agar rasanya sedikit lebih enak . Ramuan ini dipercaya memiliki antivitas anti bakteri yang bisa mempercepat penyembuhan luka sariawan. Terlebih dengan tambahan madu yang diyakini bisa menjadi obat dari segala penyakit.

5. Mengkonsumsi Vitamin C

Munculnya sariawan sangat berkaitan erat dengan kurangnya asupan vitamin C didalam tubuh. Untuk itu, mengkonsumsi Vitamin C bisa menjadi salah satu cara mengobati sariawan di tenggorokan yang terbukti ampuh. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, tomat, pepaya, nanas, mangga, anggur dan lain sebagainya.

6. Mengkonsumsi Makanan Bervitamin Tinggi

Selain mengkonsumsi vitamin C, cara mengobati sariawan di tenggorokan selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan bervitamin tinggi. Khususnya makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, usahakan makanan yang anda konsumsi juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein dan mineral.

7. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Istirahat yang kurang juga bisa menjadi faktor memicu munculnya sariawan. Oleh karena itu, saat mengalami sariawan sebaiknya anda memenuhi waktu istirahat minimal 8 jam sehari. Hal itu disebabkan karena saat anda mengalami sariawan maka otomatis metabolisme tubuh akan terganggu. Sehingga anda perlu untuk memenuhi waktu istirahat yang cukup agar tubuh anda dapat meregenerasi sel-sel yang rusak.

8. Menghindari Kebiasaan Buruk

Jika anda mempunyai kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman beralkohol atau merokok, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut. Kebiasaan buruk ini hanya akan memperburuk sariawan yang anda derita. Selain itu, anda juga perlu menghindari kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman panas agar tidak memperburuk kondisi iritasi sariawan. Sebaliknya, anda perlu merutinkan kebiasaan baik yaitu menggosok gigi yang bersih agar kebersihan mulut anda terjaga. Menggosok gigi secara rutin diperlukan untuk mencegah sisa makanan dari mulut yang berpotensi menginfeksi sariawan masuk ke dalam tenggorokan.

9. Periksa Ke Dokter

Jika sariawan anda tak kunjung sembuh, cara mengobati sariawan di tenggorokan yang terakhir adalah berobat ke dokter ahli. Dengan berobat ke dokter, sariawan di tenggorokan bisa disembuhkan dengan lebih cepat  lewat obat yang diresepkan dokter.  Contohnya, jika sariawan anda disebabkan karena kekurangan vitamin tertentu, dokter bisa meresepkan suplemen atau antibiotik yang diperlukan.

Tags: