Merasa Tersiksa Saat Haid? Inilah Cara Mengurangi Rasa Nyeri Haid Pertama Yang Patut Dicoba

Haid atau lebih dikenal dengan nama menstruasi memang menjadi tamu bulanan bagi seorang wanita. Sayangnya, kadang sebagian wanita merasakan sakit atau nyeri yang tak tertahankan ketika sedang mendapatkan tamu bulanan tersebut. Rasa sakit ini memang cukup menyiksa bagi seorang wanita. Apalagi rasa nyeri tersebut selalu hadir setiap bulannya. Adakah cara mengurangi nyeri saat haid pertama? Tentu saja ada, simaklah beberapa keterangan dan informasinya berikut ini.

Penyebab Haid Terasa Sakit

Siapa yang ingin menderita rasa sakit? Tentu saja sebagian masyarakat menginginkan tubuh yang sehat. Bagi seorang wanita, saat sedang menstruasi biasanya perut akan terasa melilit dan nyeri. Apalagi saat haid sedang berlangsung pada hari pertama. Ternyata rasa nyeri saat haid pertama ini dapat disebabkan oleh kontraksi berlebihan pada saat peluruhan dinding rahim. Jadi, kadang hal inilah yang menyebabkan seseorang merasa nyeri dan lemas saat sedang haid pada hari pertama. Rasa nyeri saat sedang haid ini biasanya dikenal dengan istilah dismenore.Apakah anda juga pernah atau sering mengalaminya?

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

Haid atau menstruasi memang selalu dialami oleh seorang wanita. Biasanya, haid atau menstruasi ini mulai muncul ketika seorang perempuan telah menginjak masa-masa pubertas. Biasanya,menstruasi ini ditandai dengan rasa nyeri di bagian perut dan sejenisnya. Hanya saja, ada sebagian orang yang merasakan sakit teramat saat sedang haid hari pertama.

Tentu saja anda pasti akan mencari berbagai cara untuk meringankan rasa sakit saat haid pertama. Bagi anda yang masih bingung, berikut ini ada beberapa cara mengurangi nyeri saat haid pertama.

1. Konsumsi Makanan Yang Tinggi Gizi

Tanpa disadari ternyata tubuh memang memerlukan asupan makanan yang bergizi tinggi. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun juga termasuk salah satu cara mengurangi nyeri saat haid pertama. Ketika anda merasakan sakit saat haid pertama, cobalah memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, B1, B6, zat besi dan juga magnesium.

2. Gunakan Minyak Aroma Terapi

Rasa sakit saai haid pertama juga dapat diminimalisasi dengan menggunakan minyak aroma terapi. Kira-kira untuk apakah minyak ini? Minyak dengan aromaterapi seperti lavender, mawar hingga sage ternyata sanggup memberikan rasa rileks pada seseorang. Jadi, rasa sakit yang menyerang akan sedikit berkurang. Anda cukup mengoleskan minyak aroma terapi ini pada bagian yang terasa nyeri atau sakit. Ternyata cara mengurangi nyeri saat haid pertama dapat dilakukan dengan cukup sederhana dan tidak ribet.

3. Jangan Lupa Untuk Rajin Berolahraga

Apakah yang anda rasakan ketika sedang terserang rasa sakit saat haid pertama? Tentu saja sebagian masyarakat akan merasa sangat malas untuk beraktivitas, apalagi untuk berolahraga. Padahal, ternyata olahraga sangup mengeluarkan hormon endorfin pada tubuh. Hormon endorfin inilah yang kemudian akan sedikit mengurangi rasa sakit yang menyerang tubuh. Tidak hanya itu saja, dengan berolahraga moodjuga akan membaik.

4. Gunakan Air Hangat Untuk Mengompres Perut

Biasanya, rasa sakit saat haid pertama akan menyerang pada bagian perut bawah. Rasa nyeri ini dapat dikurangi dengan cara mengompres perut bawah tersebut dengan menggunakan air hangat. Air hangat dipercaya mampu meringankan rasa nyeri yang berlebihan dan melemaskan otot-otot pada perut. Caranya juga bisa dibilang sangat sederhana. Anda tinggal menuangkan air hangat ke dalam botol kaca. Setelah itu, gunakan botol ini untuk melakukan relaksasi pada perut yang terasa nyeri.

5. Taruh Bantal Di Bawah Lutut

Ternyata posisi berbaring juga dapat menjadi salah satu cara mengurangi nyeri saat haid pertama. Cobalah menaruh bantal di bawah lutut dan mengangkat kedua kaki. Posisi berbaring yang seperti ini akan membuat aliran darah lebih lancar, sehingga mampu mengurangi rasa sakit.

6. Konsumsi Minuman Herbal

Minuman herbal memang dapat memberikan efek rileks dan meringankan rasa sakit yang menyerang saat sedang haid. Beberapa minuman herbal yang memiliki kandungan berupa senyawa anti inflamasi dan kram adalah jahe, akyumanis, teh chamimile dan sebagainya. Anda dapat konsumsi minuman ini dalam kondisi yang hangat.

7. Melakukan Teknik Akupuntur

Belakangan ini, teknik akupuntur memang sedang digemari oleh sebagian masyarakat. Ternyata, teknik akupuntur ini juga mampu merelaksasi sistem saraf tegang yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri ketika haid pertama. Teknik akupuntur ini mampu melancarkan aliran darah di dalam tubuh sehingga rasa nyeri, kram ataupun mual yang dialami saat menstruasi dapat sedikit teratasi.

8. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika rasa sakit atau nyeri yang terasa sudah berlebihan, anda juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang memiliki kandungan seperti naproxen dan ibuprofen ini dapat membantu anda untuk meringankan rasa sakit. Akan tetapi, bagi anda yang memiliki alergi obat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cara mengurangi nyeri saat haid pertama memang dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Mulai dari berolahraga hingga konsumsi minuman herbal atau sejenisnya. Pilihlah salah satu dari sekian banyak cara mengurangi nyeri saat haid pertama yang anda inginkan.

Tags: