7 Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan Yang Bisa Dicoba

Anda baru saja melahirkan? Badan jadi berisi dan nggak ramping lagi? Wah padahal aset perempuan yang berharga salah satunya yaitu bentuk tubuh yang ideal. Nah bagi Anda yang mengalami hal demikian, nggak mau dong suami jadi melirik orang lain. Tentu saja untuk mengembalikan tubuh dalam kondisi yang ideal butuh beberapa cara sekaligus pengorbanan. Hal tersebut juga berlaku dalam menjaga bentuk tubuh loh. Nah simak beberapa cara menguruskan badan setelah melahirkan berikut ini ya untuk dapatkan kembali tubuh yang ideal.

1. Konsumsi Sayuran

Jenis makanan nabati yang mengandung fitonutrien ini sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak perut. Contoh makanan yang mengandung sayuran yang baik adalah sup. Beberapa sup seperti sup kaldu, sayuran brokoli, kale, kubis, bunga kol, dan kubis. Ada hal menarik dari sayuran ini yaitu sayuran tidak akan membuat tubuh Anda gemuk walaupun Anda mengkonsumsi dalam jumlah sebanyak apapun.

2. Diet Yang Sehat Dan Seimbang

Diet yang sehat dan seimbang yaitu dengan mengatur kandungan-kandungan yang masuk ke dalam tubuh. Jika ingin diet yang sehat dan seimbang, biasanya diet yang mewajibkan pelaku diet untuk mengkonsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral. Kedua kandungan tersebut dapat  membantu mengurangi ukuran perut buncit Anda.

Cara menguruskan badan setelah melahirkan yaitu salah satunya dengan Anda mengganti semua makanan cepat saji dengan makanan yang kaya gizi seperti buah-buahan, daging sapi tanpa lemak, ayam, kacang – kacangan, biji – bijian, sayuran dan produk susu dengan rendah lemak. Hal tersebut dapat dibantu dengan  membatasi juga asupan natrium dari garam. Hal ini disebabkan karena kandungan natrium dari garam dapat menyebabkan perut menjadi kembung, sehingga perut pun akan terlihat lebih buncit.

3. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, jangan meremehkan waktu makan atau melewati waktu makan yang sudah seharusnya dilakukan. Pasca hamil, seorang ibu akan berbeda dengan wanita biasanya. Seorang ibu setelah melahirkan akan cenderung membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi ASI.

Pada umumnya, ibu membutuhkan energi lebih banyak selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Oleh sebab itu, para ibu jangan pernah mengurangi asupan kalori atau makan dengan porsi yang sangat sedikit karena hal tersebut akan membahayakan Anda dan bayi Anda. Lalu bagaimana solusinya?  Cara menguruskan badan setelah melahirkan salah satunya dengan  “Makan sedikit – sedikit tapi sering.” Maksudnya, Anda dapat makan dengan sering tapi dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Hal tersebut dapat membantu metabolisme tubuh ibu menjadi meningkat. Makan sering tapi sedikit – sedikit dapat dilakukan selama sekitar 4 – 5 kali sehari. Jaraknya pun bisa bervariasai rata-rata antara 2 sampai 3 jam.

4. Rutin Mengkonsumsi Kayu Manis

Mengkonsumsi kayu manis dapat membantu Anda dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Efek yang paling manjur dari kayu manis adalah membuat Anda tidak mudah merasa lapar dengan kata lain merasa kenyang lebih lama. Selain hal tersebut, kayu manis juga dapat membuat proses metabolisme lemak dalam tubuh meningkat.Orang yang diberikan kapsul kayu manis sebanyak 6 gram dalam sehari, ia akan mengalami penurunan kadar glukosa antara 18 – 29 % setelah 40 hari. Tidak hanya itu, kayu manis juga telah terbukti membantu tubuh mengontrol kadar gula darah untuk memproduksi hormon insulin lebih sedikit.

Nah cara menguruskan badan setelah melahirkan yaitu dengan merebus air kurang lebih 2 liter. Kemudian, masukkan 2 sampai 3 Inci kayu manis dan 2 sampai 3 cengkeh. Diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu angkat dan sajikan. Minumlah ramuan tersebut selama empat puluh hari. Anda juga bisa menambahkan sedikit tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat.

5. MenyusuiSi Kecil Dengan ASI

cara menguruskan badan setelah melahirkan yaitu dengan menyusui si kecil dengan ASI yang Anda miliki itu sangat penting. Pasalnya, menyusui bayi dengan ASI dapat membantu membakar 500 kalori dalam sehari. Selain itu, menyusui bayi dengan ASI juga dapat membantu merangsang kontraksi rahim yang sehingga rahim dapat menyusut dari ukuran uterus setelah melahirkan kembali menyusut seperti semula.

6. Mengenakan Korset

Cara menguruskan badan setelah melahirkan salah satunya yaitu dengan mengenakan korset. Manfaaatnya yaitu korset dapat membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong otot dan jaringan dalam perut untuk kembali seperti semula.

Anda juga bisa mengenakan korset praktis, atau menggunakan kain khusus pada perut anda secara bertahap selama 3 hingga empat bulan setelah melahirkan. Korset ini juga mmiliki fungsi untuk meratakan perut dan mendukung punggung Anda agar terlihat sempurna. Cara ini tergolong cara yang sangat efektif, sebab cara tersebut cukup mudah dan tidak membahayakan.

7. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Cara menguruskan badan setelah melahirkan yang terakhir yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan keringat. Anda dapat membuat planning misal seminggu sekali atau tiga hari sekali atau bahkan setiap hari. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan pun bermacam-macam sesuai dengan kemampuan Anda.

Tags: