7 Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Pada Bayi Yang Aman Untuk Dicoba

Menjadi seorang ibu tentunya tidak menginginkan buah hatinya mengalami sakit yang dapat mengganggu aktivitas keseharian. Salah satu penyakit yang sering menyerang anak balita adalah batuk yang disertai dengan dahak. Sebab dahak pada balita sulit untuk dikeluarkan karena anak yang masih balita belum bisa diajak berkomunikasi sebagaimana orang dewasa yang sudah mengerti. Maka dari itu para ibu perlu mengetahui bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi agar si kecil tidak terlalu menderita karena sakitnya. Jika nanti bayi anda mengalami kesulitan untuk bernapas karena dahak yang ada dalam saluran pernapasannya. Anda sebagai orang tuanya dapat mencoba cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda dan anak anda.

Para orang tua tidak boleh menganggap remeh jika bayi mengalami batuk berdahak. Sebab, semakin banyaknya dahak akan semakin sulit bayi melakukan pernapasan karena salurannya tersumbat oleh dahak tersebut. Berikut adalah cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi yang aman untuk anda coba pada anak anda :

1. Memberikan Tetesan Air Garam

Dengan memberikan tetesan yang mengandung air garapan sangat membantu bagi bayi berusia di bawah enam bulan. Cara untuk meneteskannya dapat menggunakan alat tetes yang bisa di dapatkan di apotek terdekat. Jika anda tidak bisa mendapatkan alat tetes tersebut, anda dapat menggunakan jarum suntik yang sudah dibuang bagian jarumnya.

Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan meneteskan air garam tersebut pada masing masing lubang hidung bayi. Waktu yang dianjurkan untuk melakukannya adalah sebelum bayi menyantap makanannya. Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan, melainkan agar bayi lebih mudah dalam menjalani proses makannya.

2. Membuat Udara Disekitar Bayi Menjadi Lembab

Menggunakan cara ini juga dapat membantu bayi lebih mudah untuk mengeluarkan dahaknya. Karena dengan cara ini dahak yang tadinya menggumpal yang dapat menyumbat pernapasan bayi menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Ada dua macam cara yang dapat anda coba untuk membuat udara disekitar bayi menjadi lebih lembab. Pertama, anda dapat menggunakan cara tradisional seperti meletakkan ember atau baskom yang berisikan air panas yang ditempatkan di sekitar bayi. Cara yang kedua, anda dapat menggunakan cara modern seperti alat pelembab udara yang dapat digunakan seharian penuh yang sekarang sudah banyak diperjualbelikan. Jika anda memilih cara yang kedua, anda harus perhatikan juga masalah kebersihannya agar tidak ada kuman yang dapat mengganggu bayi anda.

3. Memastikan Cairan Tubuh Anak Tercukupi

Menjaga agar cairan tubuh pada bayi tetap mencukupi merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika bayi sedang mengalami batuk berdahak, itu berarti terjadi suatu infeksi pada saluran pernapasan bayi tersebut. Sehingga diperlukan asupan cairan tubuh yang mencukupi untuk membantu mengencerkan dan memudahkan dahak untuk keluar.

Jika bayi anda masih hanya meminum ASI dan belum pernah memakan makanan tambahan. Caranya anda dapat meningkatkan pemberian ASI untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh si bayi agar tidak mengalami dehidrasi. Namun jika bayi anda sudah memakan makanan tambahan selain ASI, cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikannya berbagai buah, sayur mayur, sup ayam dan lain lain.

4. Menambahkan Madu Dalam Menu Sehari Hari Bayi

Madu merupakan salah satu bahan yang dapat membuat batuk pada bayi menjadi lebih reda atau menurun. Anda hanya perlu memberikan satu hingga dua sendok teh madu murni pada bayi anda. Namun jika bayi anda kurang menyukainya, anda dapat menambahkan air hangat dan sedikit perasan air lemon.

Yang perlu anda ingat adalah jangan memberikan madu pada bayi anda jika bayi anda masih berusia dibawah satu tahun. Karena jika madu diberikan pada bayi berusia dibawah satu tahun akan berakibat fatal.

5. Memberikan Tepukan Ringan

Jika bayi anda sedang merasa sesak pada dadanya, karena batuk berdahak tersebut. Anda dapat melakukan tepukan tepukan ringan pada punggung bayi anda. Dengan adanya tepukan yang anda berikan akan membuat sesak pada dada si bayi menjadi lebih lancar. Dan dapat juga membuat dahaknya cepat keluar baik melalui batuk maupun tertelan kedalam yang penting tidak mengganggu napas anak lagi.

6. Memberikan Olesan Minyak Kayu Putih

Anda dapat memberikan Olesan minyak kayu putih pada bagian dada, punggung dan area sekitarnya pada bayi. Cara ini sudah dipercaya banyak orang dapat membuat dahak yang berada di paru paru dan tenggorokan akan segera keluar.

7. Membuat Posisi Kepala Bayi Lebih Tinggi Saat Tidur

Usaha yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah membuat posisi kepala bayi lebih tinggi dari badannya ketika anak tidur. Seperti dengan memberikan beberapa lapis kain di bawah bantal bayi. Namun cara ini hanya untuk bayi usia diatas satu tahun.

Begitulah uraian mengenai cara cara menyembuhkan batuk berdahak pada bayi yang mungkin bermanfaat bagi anda sebagai orang tua. Akan tetapi jika batuk yang dialami bayi tidak kunjung sembuh, walaupun sudah menggunakan berbagai macam cara. Anda dapat memeriksakan keadaan bayi anda kepada dokter.