8 Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Secara Alami

Mempunyai anak kecil dengan umur yang masih kecil akan sangat sulit untuk menjaganya agar tetap sehat. Berbagai jenis asupan makanan sehat dan bergizi serta vitamin yang disarankan dokter spesialis untuk memperkuat kekebalan tubuh telah diberikan, namun virus bekerja terlalu kuat hingga membuatnya jatuh sakit. Salah satu masalah yang timbul pada anak kecil adalah batuk. Kondisi tersebut akan membuat penderita merasa kurang nyaman, terlebih pada anak kecil. Pada umumnya batuk mempunyai jenis bermacam-macam yang perlu diwaspadai. Salah satu jenisnya adalah batuk kering. Apabila anak anda terserang batuk kering tersebut maka anda bisa mencoba cara menyembuhkan batuk kering pada anak untuk membuat buah hati kembali sehat dan ceria. Selain batuk kering, jenis batuk lainnya yang perlu anda ketahui seperti batuk berdahak, batuk berdarah, batuk disertai pilek, stridor, batuk parau, dan lain-lain. Berbagai macam jenis batuk terabyte perlu diwaspadai dan tentunya terdapat cara tersendiri untuk mengatasinya.

Batuk disertai tenggorokan kering merupakan jenis batuk yang diakibatkan oleh infeksi sinus. Jika buah hati anda mengalami batuk kering seperti ini ada baiknya untuk memeriksakan kepada dokter yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Biasanya penderita batuk kering ini akan diberikan antibiotik. Jika anda ingin menanganinya secara alami anda bisa melakukan cara menyembuhkan batuk kering pada anak dengan trik berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk meredakan penyakit batuk kering yang sedang diderita oleh sang buah hati, disarankan bagi anda sebagai orang tua untuk memberikan air putih secara rutin. Untuk mencukupi kebutuhan tubuh dibutuhkan sekitar 8 gelas setiap harinya dalam mengkonsumsi air putih tersebut. Dengan konsumsi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mampu untuk mencegah tenggorokan yang kering, terlebih saat musim panas tiba. Konsumsi air putih akan menjaga tenggorokan untuk tetap lembab sehingga penyebab batuk kering akan sedikit teratasi. Berikan edukasi terhadap anak mengenai pentingnya konsumsi air putih terhadap kesehatan tubuh agar membiasakannya minum air putih tanpa disuruh.

2. Berikan Obat Batuk Herbal

Cara menyembuhkan batuk kering pada anak selanjutnya adalah dengan memberinya obat batuk herbal. Meskipun terdapat berbagai macam jenis obat batuk yang tersedia akan lebih baik jika anda membuat obat herbal dengan bahan-bahan alami. Anda bisa memanfaatkan bahan dapur seperti jahe dan kencur yang telah ditumbuk dan direbus. Ambil separuh air yang terdapat pada hasil rebusan kedua ramuan terabyte untuk diberikan kepada buah hati.

3. Konsumsi Sup Ayam

David Becker, MD, seorang profesor dari University Of California mengungkapkan bahwa sup ayam dengan tambahan bawang putih dapat mencegah timbulnya gejala batuk serta membuat sang anak lebih segar setelah mengkonsumsi sup tersebut.

4. Istirahat Yang Cukup

Cara menyembuhkan batuk kering pada anak yang bisa anda lakukan adalah dengan memberinya istirahat yang cukup untuk mendapat kesembuhan secara cepat. Ajarkan anak untuk tidur siang agar anak anda tidak terbiasa tidur hanya saat tubuhnya terasa lelah saja. Dengan membiasakannya tidur siang maka akan membuat kondisinya lebih stabil, kesehatannya pun akan terjaga secara maksimal. Ketika tubuh lebih fit maka virus-virus jahat tidak akan mudah menyerang.

5. Memberikan Uap Air Hangat

Memberikan uap air hangat pada si buah hati yang sedang batuk merupakan cara menyembuhkan batuk kering pada anak yang cukup sederhana. Uap air hangat yang anda berikan kepada buah hati anda untuk dihirup nantinya akan membantu melegakan saluran pernapasan yang sebelumnya tersumbat akibat batuk yang diderita. Untuk menghasilkan uap air hangat bisa anda dapatkan dengan menghidupkan shower air hangat, lalu ajak buah hati anda menuju kamar mandi dan tutup pintunya agar uap air hangat bisa terkumpul di dalam. Kemudian biarkan buah hati anda menghirup uap air hangat tersebut selama beberapa menit untuk melegakan saluran pernapasannya.

6. Berikan Sesendok Madu

Selain obat batuk yang saat ini banyak tersedia, anda bisa memberikan sesendok madu pada anak anda. Pasalnya landings yang terdapat pada madu memiliki kandungan yang sama dengan dextromethorphan yang terdapat pada kandungan obat batuk. Namun pada anak usia di bawah satu tahun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu karena ususnya belum berkembang dengan sempurna.

7. Hindari Udara Dingin

Saat si buah hati anda mengalami batuk kering maka usahakan agar tidak terkena udara dingin. Bisa jadi penyebabnya adalah alergi terhadap suhu udara yang dingin. Oleh sebab itu perhatikan kembali suhu ruangan kamar buah hati anda, atur dengan suhu yang tidak terlalu dingin cenderung hangat agar tidak memperburuk kondisi batuk kering yang sedang dialaminya.

8. Minum Vitamin

Minum vitamin memang dianjurkan sebagai cara menyembuhkan batuk kering pada anak yang sedang terjadi. Konsumsi vitamin C yang terdapat pada buah dan sayur akan mempercepat pemulihan sakit batuk keringnya tersebut.

Tags: