7 Cara Menyembuhkan Panas Dalam Pada Anak Balita Secara Alami Yang Terbukti Ampuh

Panas dalam merupakan gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak balita. Menurut para ahli, panas dalam merupakan suatu gejala atau tanda akan munculnya sebuah penyakit. Penyebab panas dalam pun bermacam-macam antara lain karena kekurangan vitamin C, cairan, konsumsi serat dan banyak makan makanan berlemak. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan tubuh terasa panas ini akan membuat balita merasa tidak nyaman, rewel, dan sering nangis. Tak hanya itu, balita yang terkena panas dalam juga akan kehilangan selera makan dan gairah bermain. Meskipun demikian, panas dalam pada balita bisa disembuhkan dengan mudah termasuk dengan cara-cara yang alami. Berikut ini 7 cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita secara alami yang terbukti ampuh.

1. Berikan ASI Atau Air Putih Yang Banyak

Salah satu pemicu panas dalam adalah karena kekurangan cairan. Untuk itu, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan ASI atau air putih yang banyak pada anak balita anda. Selain mengurangi dehidrasi, pemberian ASI yang banyak juga akan memberikan kenyamanan kepada si anak balita. Jika anak anda menolak, anda bisa terus memberikan dorongan agar anak anda mau minum ASI. Namun jika tetap tidak berhasil, anda bisa menggantinya dengan air putih atau menggantinya dengan ramuan alami.

2. Minum Air Kelapa Hijau Muda

Cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air kelapa hijau muda. Air kelapa hijau diyakini memiliki kandungan senyawa elektrolit yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh. Selain itu,kandungan ini juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan panas dalam. Sebagai penyembuhan, air kelapa hijau bisa diminum secara langsung atau ditambah dengan madu. Dijamin dalam jangka 3 hari panas dalam akan menghilang.

3. Minum Madu Dan Perasan Lemon

Sudah menjadi rahasia umum jika madu memiliki segudang khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk panas dalam. Madu mengandung berbagai macam nutrisi seperti mineral alami, vitamin dan lain sebagainya.  Begitu juga dengan lemon yang diyakini memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sehingga ketika kedua bahan ini dicampurkan maka akan bisa menyembuhkan panas dalam secara maksimal. Meskipun belum begitu familiar, Anda bisa mencoba cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita dengan menggunakan kedua bahan ini.

4. Minum Air Rebusan Rambut Jagung Muda

Cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita dengan menggunakan air rebusan rambut jagung memang masih terdengar aneh. Namun tahukah anda jika ini adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan panas dalam. Tak hanya menyembuhkan panas dalam, ternyata dengan meminum air rebusan rambut jagung muda akan membuat mulut dan tenggorokan lebih sehat. Cara membuatnya juga cukup mudah. Anda tinggal merebus satu genggam rambut jagung muda yang masih fresh. Tunggu hingga mendidih. Untuk mengurangi rasa eneg dari air rebusan rambut jagung, Anda bisa menambahkan jahe. Dengan meminum ramuan ini secara rutin sehari sekali, dijamin panas dalam akan cepat menghilang.

5. Minum Air Rebusan Kacang Hijau

Cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita selanjutnya adalah dengan menggunakan air rebusan kacang hijau. Kacang hijau termasuk ke dalam golongan polong-polongan dengan kandungan serat yang tinggi sehingga yang bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam. Tak hanya itu, kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin akan membantu meningkatkan sistem imun anak balita anda secara bertahap. Dan yang terakhir adalah rasanya yang enak. Paket komplit bukan?

6. Minum Air Rebusan Kencur

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa rimpang Asia yang satu ini memiliki kandungan mineral alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam. Kencur juga sering dimanfaatkan masyarakat untuk menyembuhkan batuk kering dan berdahak. Cara membuatnya pun cukup mudah apalagi bumbu masak yang satu ini gampang ditemui di dapur. Anda hanya perlu mempersiapkan kencur dengan panjang 2-3 ibu jari. Kemudian kupas, cuci dan parut kencur tersebut sampai halus. Peras kencur halus tadi dan ambil sarinya yang berwarna kuning pekat. Lalu campurkan sedikit air hangat agar tidak terlalu pekat. Dengan mengonsumsi sari kencur sehari sekali dijamin panas dalam pada anak balita anda akan menghilang.

7. Mengkonsumsi Banyak Buah-buahan

Mengkonsumsi banyak buah-buahan merupakan cara menyembuhkan panas dalam pada anak balita yang paling efektif. Anda tidak perlu repot-repot membuat berbagai macam ramuan yang disebutkan diatas. Seperti yang anda ketahui, buah-buahan merupakan sumber dari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk serat dan Vitamin C. Ada berbagai macam buah yang bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan panas dalam. Yaitu anggur, alpukat, strawberry, kiwi, sirsak, tomat, mangga, delima, jambu biji, pisang, jeruk, blewah, dan jambu monyet. Dari sekian banyak buah tersebut, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dan gampang dijumpai di toko buah.