Inilah 7 Cara Menyembuhkan Pilek Menahun Secara Alami

Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami  hidung berlendir atau pilek. Biasanya pilek dapat sembuh dengan sendirinya setelah 3-10 hari tergantung sistem imun tubuh. Penyembuhan pilek terbilang mudah dan cepat sehingga pilek dianggap penyakit biasa yang tidak terlalu serius. Akan tetapi, sebagian orang mengalami pilek yang tak kunjung sembuh sampai bertahun-tahun. Tentu pilek menahun menimbulkan rasa tidak nyaman. Pilek menahun perlu diwaspadai dan ditangani segera karena bisa jadi pilek menahun adalah indikasi penyakit serius seperti sinusitis atau kanker nasofaring. Banyak faktor yang menyebabkan pilek tidak kunjung sembuh. Pemicunya bisa jadi karena udara dingin di pagi hari, kelembaban udara atau udara kering. Selain itu pilek menahun juga dipengaruhi oleh sistem imun, faktor stress dan hormon. Inilah 7 cara menyembuhkan pilek menahun yang dapat anda coba di rumah.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu cara menyembuhkan pilek menahun yang dapat anda coba adalah memperbanyak minum air putih. Air putih akan membantu tubuh anda bekerja dengan lebih baik. Dengan meminum 8 gelas air perhari anda dapat menjaga tubuh anda dari dehidrasi sekaligus membuat  tenggorokan Anda tetap bersih dari bakteri atau virus penyebab pilek.

2. Ramuan Jeruk Nipis, Sereh, Daun Sirih Dan Jahe

Anda perlu menyiapkan 5 batang sereh, 3 buah jeruk nipis yang sudah tua, 7 lembar daun sirih, 17 biji cengkih, dan 2 ruas jari jahe.  Cara membuat ramuan ini adalah, cuci Jahe dan sereh, lalu dimemarkan. Kupaslah Kulit jeruk nipis  lalu belah jeruk nipis menjadi empat bagian. Lalu, rebuslah semua bahan- bahan tersebut dengan enam gelas air sampai tersisa tiga gelas. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari setelah makan sebanyak setengah gelas sekali minum.

3. Menguapi Hidung Dengan Air Panas

Cara menyembuhkan pilek menahun ini terbilang sederhana, yaitu menguapi hidung dengan air panas. Uap juga  merupakan obat yang efektif dalam mengobati pilek menahun. Uap  dapat memberikan sensasi lega juga membantu  membersihkan lendir yang menyebabkan pilek. Cara membuatnya adalah, sediakan wadah berukuran sedang , masukan air panas ke dalamnya. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau peppermint oil ke dalam air panas tersebut. Pegang wajah anda diatas wadah air panas tersebut dengan handuk diatas kepala. Bernafas (tarik nafas lalu buang perlahan)  dalam wadah tersebut selama 10 menit. Lakukan cara  ini 3 atau 4 kali dalam sehari.

4. Uap Air Garam

Anda dapat menggunakan garam yang dicampur dengan air untuk mengurangi pilek menahun. Air panas dan Garam berfungsi mengencerkan lendir, sehingga lendir atau ingus lebih mudah  dikeluarkan. Garam juga bersifat mematikan kuman yang ada pada hidung anda. Cara membuatnya, campurlah 2 sendok teh garam ke dalam 2 gelas air. Setelah tercampur rata, gunakan pipet tetes untuk memasukkan cairan ini ke hidung dengan posisi kepala miring ke belakang. Tariklah nafas dengan hati-hati, lalu keluarkan secara perlahan cairan garam dari hidung anda tadi. Lakukan cara ini beberapa kali sampai kondisi anda membaik.

5. Ramuan Kunyit

Salah satu cara menyembuhkan pilek menahun yang dapat anda coba adalah herbal kunyit.  Kunyit  bersifat antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri serta anti virus sehingga efektif untuk mengobati pilek menahun. Cara membuat ramuan kunyit ini adalah ;  siapkan 1 1/2 sendok teh kunyit kering, lalu rendam kunyit tersebut  dalam cangkir. Lalu, tambahkan minyak biji rami ke dalam cangkir tersebut. Ramuan itu dipanaskan diatas api kecil. Hiruplah pelan-pelan uap dari ramuan hangat tersebut melalui satu hidung 2 kali sehari. Selain cara tadi, anda dapat mencampur bubuk kunyit dengan air atau susu lalu diminum.

6. Ramuan Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi alternatif lain dari cara menyembuhkan pilek menahun. Sama dengan kunyit, bawang putih bersifat antibakteri dan virus sehingga dapat mengurangi pilek. Cara membuat ramuan bawang putih ini adalah :  siapkan 3 – 4 siung bawang putih, cincang halus lalu rebus.  Setelah itu saring rebusan tadi. Minum airnya dengan sedikit gula. Minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari. Selain direbus, anda juga dapat mengunyah bawang putih mentah.

7. Ramuan Jahe

jahe bersifat antioksidan antivirus, serta anti jamur sehingga dapat mengurangi virus atau bakteri penyebab pilek. Minyak atsiri dalam jahe juga membantu memberikan kelegaan di hidung saat anda menderita pilek menahun. Cara memanfaatkan khasiat jahe ini adalah ;  jahe dipotong kecil- kecil, lalu taburi dengan garam. Setelah itu kunyahlah jahe tersebut. Lakukan cara ini beberapa kali sehari. Selain itu, anda juga dapat merebus beberapa iris jahe lalu meminum airnya dengan sedikit madu. Ramuan ini diminum 2-3 kali sehari. Apabila anda kurang suka dengan jahe segar, anda juga dapat memakan permen jahe yang banyak tersedia di pasaran.

Demikian  cara menyembuhkan pilek menahun yang dapat anda lakukan di rumah. Apabila gejala pilek menahun anda tidak kunjung sembuh, segera hubungi pihak medis untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Tags: