7 Cara Meredakan Sakit Kepala Bagian Belakang Dengan Mudah

Sakit kepala memang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Terutama jika anda sering mengalami banyak masalah sehingga anda mengalami stress. Merasakan sakit kepala bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada bagian belakang. Gejala yang terjadi saat merasakan sakit kepala bagian belakang adalah terasa berat dan terasa ada benda yang menindih bagian belakang kepala anda. Meredakan sakit kepala bagian belakang tidak perlu menggunakan obat-obat warung. Karena, ada 7 cara meredakan sakit kepala bagian belakang yang mudah untuk anda lakukan.

Sebelum membahas cara-cara yang bisa anda gunakan untuk meredakan sakit kepala bagian belakang. Anda juga harus mengetahui berbagai efek yang bisa anda alami akibat sakit kepala bagian belakang. Yuk langsung saja simak ulasan berikut :

Efek Sakit Kepala Bagian Belakang

Mengalami sakit kepala pada bagian belakang memang sangat tidak enak rasanya. Terutama jika anda sering mengalaminya akibat anda terlalu sibuk dan sering mengalami stress. Sakit kepala pada bagian belakang bisa dijangkit oleh remaja dan juga orang dewasa.

Nah, apa saja sih efek yang diakibatkan oleh sakit kepala bagian belakang? Misalnya seperti : tidak dapat berkonsentrasi dengan tenang, dapat menyulitkan anda saat akan tidur, menghambat aktivitas sehari-hari, syaraf mata akan berpengaruh dan mejadi pusing seperti panas terbakar dan sulit melihat dengan jelas karena seperti muncul warna kuning saat melihat.

Beberapa efek tersebut bisa terjadi ketika anda mengalami sakit kepala bagian belakang. Untuk meredakan sakit kepala bagian belakang ada beberapa cara mudah untuk meredakannya.

Cara Meredakan Sakit Kepala Bagian Belakang Dengan Mudah

Sakit kepala bagian belakang bila dibiarkan efeknya akan semakin parah dan dapat menyebabkan sakit kepala kronis. Sebenarnya cara meredakan sakit kepala bagian belakang sama saja seperti sakit kepala pada umumnya. Sehingga anda bisa mencoba 7 cara mudah untuk meredakan sakit kepala bagian belakang berikut ini :

1. Melakukan Peregangan

Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan biasanya dimulai sebelum kita melakukan olahraga. Namun, ternyata melakukan peregangan saat merasakan sakit kepala bagian belakang mampu meredakannya. Saat anda merasakan sakit kepala bagian belakang lakukanlah peregangan pada leher, bahu, dan bagian kepala belakang anda. lakukan sampai sakit kepala pada bagian belakang anda sudah mulai reda.

2. Memijat Dengan Teknik Akupuntur

Melakukan pemijatan dengan teknik akupuntur dapat meredakan sakit kepala bagian belakang. teknik ini mudah dilakukan oleh siapa saja. Nah, bagi anda yang belum mengetahui teknik ini ikuti langka berikut ini :

  • Mula- mula letakkan kedua ibu jari anda pada bagian belakang kepala dan bawah tengkorak. Posisikan ibu jari anda sampai hampir mendekati otot leher pada batas tengkorak yang ditumbuhi rambut.
  • Tekan sedikit bagian tersebut sampai anda merasakan nyeri
  • Kemudian tekan ibu jari anda dengan gerakan memutar
  • Terakhir lakukan berulangkali teknik pemijatan ini selama 1-2 menit sampai sakit kepala bagian belakang anda reda.

3. Melakukan Pemijatan Pelan

Cara meredakan sakit kepala bagian belakang yang ketiga adalah dengan melakukan pijatan-pijatan pelan pada bagian sekitar kepala anda. Selain itu, anda juga bisa memijat perlahan pada bagian leher, bahu dan bagian belakang kepala anda dengan memijat perlahan. Lakukanlah pemijatan ini dengan selama 20 sampai 30 menit. Pemijatan juga harus dilakukan selama beberapa sesi sampai sakit kepala anda reda.

4. Relaksasi

Selanjutnya, anda bisa melakukan cara relaksasi untuk meredakan sakit kepala bagian belakang. Lakukanlah relaksasi dengan cara bermeditasi. Cara untuk bermeditasi sangat mudah sekali untuk dilakukan. Mula-mula cari posisi yang enak seperti duduk menyila, lalu pejamkanlah mata anda. setelah itu bayangkan anda berada di tempat favorit anda atau tempat yang menyejukkan. Atur nafas anda hingga anda benar-benar merasa rileks. Terus pejamkan mata anda sampai sakit kepala pada bagian belakang terasa lebih baik.

5. Mengompres Area Kepala

Nah, cara mudah meredakan sakit kepala bagian belakang berikut ini adalah mengompres area kepala anda. Bagian belakang kepala yang terasa sakit bisa anda kompres dengan menggunakan es batu. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Bungkus es beku secukupnya dengan menggunakan handuk
  • Tempelkan pada bagian belakang kepala sampai terasa dingin
  • Ulangi pengompresan pada bagian lain seperti pelipis
  • Lakukan sampai sakit kepala bagian belakang anda terasa membaik.

6. Melakukan Latian Otot Leher

Melakukan latihan otot leher biasanya digunakan untuk meredakan sakit kepala pada bagian belakang. Penyebab sakit kepala bagian belakang karena salah saat posisi tidur juga bisa disembuhkan dengan cara ini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan telapak tangan pada dahi. Kemudian, dengan menggunakan otot leher cobalah tekan dahi anda dengan kedua telapak tangan. Usahakan tetap dalam posisi tegak dan jangan melakukan gerakan perubahan selama latihan otot leher.

7. Makan Dan Minum Air Putih

Cara meredakan sakit kepala bagian belakang yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang teratur. Banyak yang mengalami pusing kepala akibat kurangnya makan atau makan yang tidak teratur. Gula darah yang menurun menjadi penyebab terjadinya sakit kepala. Selain itu perbanyaklah minum air putih untuk menjaga cairan didalam tubuh anda agar tidak terjadi dehidrasi.

Tags: