7 Cara Mengatasi Asam Lambung Saat Kambuh Yang Direkomendasikan

Asam lambung merupakan sebuah zat yang memiliki sifat asam dan berada di lambung. Asam inilah yang akan memecah makanan yang datang ke lambung serta melindungi tubuh dari berbagai bakteri yang datang bersamaan dengan makanan. Namun apabila tekanan yang diberikan makanan tersebut terlalu besar, maka makanan tersebut akan naik kembali ke esofagus dan melukainya karena lambung tidak mampu menahan. Sehingga orang yang mengalami sakit asam lambung akan merasakan panas pada dadanya karena luka tersebut. Bagi anda yang pernah merasakan hal tersebut, maka anda harus mengetahui cara mengatasi asam lambung saat kambuh sebagai cara untuk mengantisipasinya.

Jika anda mencari solusi tentang asam lambung yang sedang anda derita, maka anda harus baca artikel yang berikut ini. Sebab pembahasan dalam artikel kali ini sangat cocok untuk anda, yaitu cara mengatasi asam lambung saat kambuh. Anda penasaran apa saja caranya, yuk mari simak ulasannya berikut ini.

1. Dengan Mengunyah Permen Karet

Dalam penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa permen karet dapat mengurangi keluhan yang dirasakan oleh sebagian besar penderita asam lambung. Cara yang dapat anda lakukan untuk menjadikan obat yaitu dengan mengunyah permen tersebut. Durasi yang diperlukan untuk mengunyah permen  karet yaitu selama kurang lebih tiga puluh menit setelah anda menyantap makanan. Hal itu dikarenakan dengan mengunyah permen karet dapat memberikan rangsangan yang pengeluaran air liur lebih banyak. Selain itu dengan mengunyah permen karet akan membuat zat asam pada lambung segera hilang akibat dari banyaknya air liur tersebut.

2. Baking Soda

Pada dasarnya baking soda digunakan sebagai obat nyeri pada dada yang disebabkan karena penyakit asam lambung. Itu dikarenakan baking soda memiliki sifat basa yang dikandungnya sehingga dapat menetralkan sifat asam yang terdapat pada lambung yang sakit. Cara yang dapat anda ikuti yaitu dengan mencampurkan bahan ini sebanyak setengah atau satu sendok teh ke dalam segelas air putih. Namun bahan ini juga memiliki efek samping yang akan ditimbulkan jika asam lambung yang anda derita terlalu sering kambuh. Efek samping tersebut ialah dapat membuat anda merasa mual dan muntah dikarenakan zat garam yang terdapat pada bahan ini.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi dunia medis. Pada saat asam lambung sedang kambuh, lidah buaya dapat berperan sebagai pereda inflasi pada esofagus dan juga pada lambung. Caranya dengan mengonsumsi jus lidah buaya sebelum makan sebanyak setengah gelas. Bahan ini juga dapat menimbulkan efek samping bagi penderita asam lambung yang sering kambuh. Efek samping tersebut yakni  semakin banyaknya frekuensi anda untuk buang air besar.

4. Jahe

Yang harus anda perhatikan saat mempergunakan bahan jahe untuk mengobati penyakit asam lambung anda adalah pastikan takarannya harus pas. Yakni sekitar dua sampai empat gram saja dan tidak lebih dari itu dalam sehari. jika melebihi takaran tersebut dapat membuat rasa nyeri pada dada akan semakin bertambah. Memang belum ada yang membuktikan bahwa jahe dapat mengobati asam lambung melalui penelitian secara ilmiah. Namun hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengalaman yang telah dialami secara turun-temurun oleh orang terdahulu.

5. Buah Pisang

Selain nikmat disantap secara langsung, sekarang juga sudah marak berbagai olahan yang dapat ditemui dengan mudah yang berbahan dasar pisang. Namun jangan anggap remeh tentang khasiat yang dimiliki oleh buah yang satu ini. Ternyata pisang juga dapat berfungsi sebagai pelapis dinding perut dan saluran pencernaan yang mengalami iritasi. Sehingga lambung akan memiliki lapisan yang setidaknya dapat menahan tekanan yang masuk secara lebih kuat dari biasanya. Dengan demikian makan buah pisang juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara mengatasi asam lambung saat kambuh. Namun perlu diingat, reaksi yang diberikan antara satu orang dengan orang yang lain juga berbeda. Ada yang cocok dan ada juga yang tidak cocok. Jika saat pertama mencobanya anda sudah merasa tidak cocok sebaiknya jangan teruskan pengobatan dengan bahan ini. Pilihlah bahan yang sesuai dengan reaksi baik yang diberikan oleh tubuh anda.

6. Teh Chamomile

Masyarakat sudah banyak yang melakukan pengobatan asam lambung dengan bahan ini. Meskipun pada kenyataan yang disayangkan adalah penelitian tentang bahan ini masih terbilang jarang.

7. Minum Air Hangat

Untuk mengatasi asam lambung anda juga bisa menggunakan air hangat. Jika anda merasa takut mual apabila meminumnya terlalu banyak, maka anda dapat meminumnya sedikit demi sedikit. Air hangat juga baik untuk menetralkan asam dalam lambung.

Terdapat berbagai cara mengatasi asam lambung saat kambuh yang bisa jadi rekomendasi bagi anda. Dari pembahasan ini diharapkan anda telah mengetahui beberapa dari berbagai cara tersebut. Ulasan diatas dapat anda jadikan salah satu sumber pengetahuan anda jika anda mengalami masalah pada lambung anda. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.