8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja Malam Hari Dengan Mudah

Kerja merupakan salah satu kegiatan yang paling akrab di telinga kita sekaligus merupakan kegiatan yang hampir kita lakukan sehari-hari. Banyak orang merelakan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Bahkan hingga mereka mengabaikan waktu istirahat mereka. Hal inilah yang sering terjadi bagi para pekerja masih harus bekerja di malam hari. Mereka sering ngantuk dalam bekerja. Akibatnya pekerjaan yang mereka lakukan tidak efektif dan tidak dapat memperoleh hasil yang maksimal pula. Di lain sisi, tuntutan pekerjaan harus memaksa mereka untuk tetap terjaga di malam hari. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut berikut ini merupakan penjelasan 8 cara mengatasi ngantuk saat kerja malam hari dengan mudah :

1. Minum Minuman Hangat

Minuman sangatlah dibutuhkan sebagai salah satu cara mengatasi ngantuk saat kerja malam hari. Kebutuhan air minum yang terpenuhi akan menjaga konsentrasi. Sedangkan minuman hangat dapat memberikan rasa rileks bagi yang meminumnya. Ditambah apabila minuman tersebut mengandung kafein seperti kopi. Maka badan akan lebih mudah untuk terjaga di malam hari.

2. Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan berkarbohidrat tinggi biasanya sering dikonsumsi pada saat makan malam. Namun demikian, apabila kita ingin bekerja saat malam hari maka akan mengakibatkan rasa ngantuk. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi saat bekerja di malam hari.

3. Mencuci Muka

Aktivitas pekerjaan yang dilakukan sering kali di malam hari akan menyebabkan ngantuk dan kelelahan. Salah satu cara mengatasi ngantuk saat kerja di malam hari adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan. Selain itu, apabila kita sudah merasa lelah mencuci muka juga dapat dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja otak, menghilangkan stres, dan membuat badan menjadi lebih segar.

4. Beristirahat Sejenak

Apabila kita sudah merasa lelah dan mengantuk saat bekerja di malam hari, salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat sejenak. Istirahat yang paling efektif dilakukan di tengah-tengah aktivitas kerja selama 5 hingga 10 menit. Dalam selang waktu tersebut kita juga dapat meminum air putih untuk lebih memaksimalkan istirahat tersebut. Istirahat ini mampu mengurangi rasa lelah, badan lebih terasa segar, dan tidak mudah mengantuk.

5. Mengkonsumsi Makanan Ringan

Cara mengatasi rasa ngantuk saat kerja di malam hari yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mengkonsumsi makanan ringan. Ditambah lagi makanan tersebut memiliki tekstur renyah atau berserah tinggi, sehingga kita perlu untuk mengunyah makanan ringan tersebut lebih lama. Akibatnya aktivitas rongga mulut akan terus berjalan dan dapat mengurangi rasa ngantuk.

Namun demikian, hal yang harus diperhatikan adalah kandungan dari nutrisi tersebut. Sebaiknya makanan ringan yang kita konsumsi tidak mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Sebab hal ini justru akan menimbulkan rasa ngantuk seperti yang telah dijelaskan diatas.

6. Mendengarkan Musik

Tak dapat disangkal lagi bahwa musik merupakan salah satu hal yang paling digemari masyarakat luas dari berbagai kalangan dan berbagai usia. Musik juga dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh yang dialami. Ditambah lagi dengan pemilihan musik yang sesuai dengan selera kita. Kita dapat menikmati musik tersebut dengan senang hati. Sehingga aktivitas pekerjaan yang kita lakukan sambil mendengarkan musik dapat dilaksanakan dengan kondisi rileks dan tidak stres. Musik juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja. Selain itu rasa ngantuk yang dialami juga dapat diatasi dengan baik.

7. Meminum Kopi

Cara mengatasi rasa ngantuk saat kerja di malam hari yang paling populer adalah meminum secangkir kopi hangat. Kopi dengan kandungan kafeinnya dapat meningkatkan kinerja otak dan dapat memicunya untuk tetap terjaga lebih lama dari biasanya. Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi tergolong ke dalam stimulan ringan yang aman untuk dikonsumsi.

Namun demikian, asupan kopi juga perlu kita perhatikan. Kita tidak boleh sesuka hari meminumnya tanpa batasan. Sebab semakin banyak kopi yang kita minum, maka semakin banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh, dan tubuh tidak akan merasa ngantuk. Apabila dibiarkan hal ini tentu dapat memicu rasa gelisah bahkan depresi, karena tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

8. Mengkonsumsi Permen

Bagi sebagian orang permen dianggap sebagai makanan yang harus dihindari karena rasanya yang manis. Sehingga dikhawatirkan akan memicu kenaikan kadar gula darah dan merusak kesehatan gigi. Padahal, kenyataannya apabila permen dikonsumsi dalam jumlah yang cukup sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh akan tercukupi akan kebutuhan glukosa dan tentunya akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

Dalam bekerja, apabila kita mengkonsumsi permen makan kita akan dapat mengurangi rasa ngantuk. Sebab sensasi rasa yang ditimbulkan oleh permen akan bertahan cukup lama serta otak akan senantiasa bekerja untuk merespon rasa tersebut. Sehingga otak akan selalu bekerja dengan rileks dan dapat mengurangi rasa lelah akibat bekerja.