10 Cara Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Dengan Mudah

Normalnya bau badan yang terjadi pada anak akan muncul saat anak memasuki masa pubertas. Masa pubertas  yang terjadi pada anak perempuan jauh lebih cepat dibanding pubertas pada anak laki laki. Ketika anak mulai tumbuh mereka akan menjadi lebih aktif ini tentunya akan membuat anak mudah berkeringat. Sehingga akan lebih mudah terpapar bakteri dan menimbulkan bau badan.  Umumnya anak mempunyai bau badan yang samar. Namun jika anak mengalami bau badan, anda sebagai orangtua dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut 10 cara menghilangkan bau badan pada anak dengan mudah.  

1. Jaga Asupan Makan

Ada beberapa asupan makanan yang dapat memicu bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang dapat memicu bau badan seperti bawang merah, bawang putih, daging merah, makanan olahan, ikan, dan telur. Oleh karena itu sebaiknya menghindari makanan makanan yang terbuat dari bahan bahan tersebut. Pastikan anak  terpenuhi asupan air yang masuk kedalam tubuh. Karena air dapat membantu membuang racun yang menyebabkan bau badan. Dapat juga dengan mengkombinasikan susu kedelai dengan susu sapi dapat menjadi cara dalam mengurangi bau badan pada anak

2. Kenakan Pakaian Yang Tepat

Pakaian yang kurang tepat akan membuat anak mudah berkeringat dan membuat bagian tubuh anak lembab. Sehingga menimbulkan bakteri penyebab bau badan pada anak. Sebaiknya anak dalam mengenakan pakaian, yang menyerap keringat dan pakaian yang tidak memicu banyak keringat. Pastikan pakaian yang dipakai dalam keadaan bersih dan tidak ada sisa detergen. Sisa detergen yang bercampur keringat akan memicu bakteri yang menyebabkan bau badan.

3. Mandi Secara Teratur

Cara menghilangkan bau badan pada anak salah satunya dengan mandi secara teratur. Mandi merupakan cara mudah untuk menghilangkan bau badan. Namun bagi anak mandi merupakan sebuah tantangan bagi orang tua. Biasanya anak sulit untuk diajak mandi padahal sebaiknya mandi minimal 2 kali dalam sehari. Kebiasaan ini membantu memerangi keringat yang berlebihan yang membuat bau badan. Saat mandi perhatikan membersihkan bagian bagian tubuh yang memiliki lipatan. Seperti ketiak, sela jari jari dan area kemaluan dengan air bersih yang mengalir.

4. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan bau badan dan keringat berlebih dengan cepat. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dengan kemudian merebus daun sirih dengan 2 gelas air. Campurkan dengan air pada ember  yang akan dibuat mandi. Kemudian gunakan air tersebut untuk mandi. Lakukan secara rutin maka bau badan akan berangsur angsur hilang.

5. Memanfaatkan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Karena mempunyai kandungan vitamin c yang tinggi, flavonoid, besi, tembaga, asam sitrat, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat jeruk nipis adalah menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya  adalah sebagai berikut. Ambil jeruk nipis belah menjadi dua bagian. Kemudian oleskan pada ketiak seperti mengoleskan deodorant pada ketiak.

6. Mengoleskan Campuran Baking Soda Dan Jeruk Nipis

Bahan ini dipercaya sebagai cara menghilangkan bau badan pada anak. Baking soda dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Caranya sangat mudah campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh jeruk nipis. Kemudian oleskan pada ketiak tunggu hingga 10 menit setelah itu bilas dengan air hagat. Lakukanlah secara rutin dalam sehari 1 kali saja maka bau badan akan segera sembuh.

7. Mandi Menggunakan Tumbukan Bunga Dan Daun Kecombrang Sebagai Sabun

Bunga kecombrang mengandung zat fenolik, flavonida, kaya antioksidan, saponin, vitamin, mineral, streoid, triterpenoid, polifenol dan anti mikroba. Zat-zat tersebut mempunyai manfaat menghilangkan bau badan yang tak sedap. Cara menggunakannya dengan bunga kecombrang dan batangnya ditumbuk kasar. Lalu gunakan sebagai sabun mandi dan gunakanlah setiap kali mandi.

8. Mandi Dengan Air Bunga Rosemary

Salah satu cara mengatasi bau keringat pada anak adalah rosemary. Tumbuhan ini mengandung minyak atsiri menghilangkan bau badan. Ada dua cara mengaplikasikan bunga rosemary sebagai obat mengatasi bau badan. Yang pertama dengan mencampurkan air rebusan bunga rosemary kedalam bak mandi. Lalu gunakan sebagai air mandi setiap hari.

9. Minum Air Seduhan Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat menghilangkan bau badan dan dapat juga digunakan sebagai antiseptik. Ada dua cara dalam menggunakan daun kemangi sebagai obat bau badan. Yang pertama dapat dengan menggunakan daun kemangi sebagai lalapan pada pagi dan sore hari. Jika tidak suka dijadikan lalapan dapat juga dengan menjadikan daun kemangi sebagai teh. Caranya dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Setelah itu tumbuk dengan halus seduh dengan air panas kemudian saring. Minum secara rutin 2 kali sehari.

10. Mengoleskan Jus Mentimun Pada Ketiak Anak

Mentimun mengandung zat yang bisa mengurangi keringat yang berlebih pada anak. Sehingga mentimun dapat menghilangkan bau badan secara alami. Parut satu mentimun kemudian simpan pada kulkas agar dingin. Oleskan jus mentimun dingin tersebut pada ketiak dengan kapas. Lakukanlah secara rutin agar bau keringat berangsur angsur menghilang.

Itulah tadi adalah 10 cara menghilangkan bau badan pada anak dengan mudah. Dengan mengaplikasikan cara diatas dan selalu rajin menjaga kebersihan, perlahan bau badan akan segera menghilang dan anak akan kembali percaya diri. Semoga bermanfaat.