7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Tanpa Biaya Mahal

Pada dasarnya luka bakar terbagi menjadi tiga tingkatan. Tingkat pertama, kulit yang terbakar hanya bagian luar saja. Tingkat yang kedua, luka bakar terjadi dan merusak bagian sampai pada lapisan dermis kulit. Tingkatan ketiga, luka bakar yang merusak kulit hingga bagian dalam sampai pada otot, tulang, dan juga syaraf. Jika terjadi hal yang demikian dan luka yang di timbulkan tidak juga menghilang, anda harus mencoba cara menghilangkan bekas luka bakar sebagai solusi untuk memudarkannya. Luka bakar anda meninggalkan bekas yang susah dihilangkan dan mengganggu penampilan anda? Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar agar segera memudar sehingga dapat mengembalikan kepercayaan diri anda.

1. Menempelkan Tumbukan Mentimun

Mentimun merupakan buah yang banyak mengandung air dan vitamin C. Sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih segar, tidak gampang keriput, serta dapat menangkal radikal bebas. Mentimun juga mengandung silika yang dapat membuat produksi kolagen pada kulit dapat meningkat. Tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. selain harganya yang terjangkau, manfaat yang dihasilkannya pun juga banyak. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghilangkan bekas luka yang terdapat pada kulit. Caranya, anda dapat mengambil beberapa buah mentimun yang masih segar dan cuci hingga bersih. Kemudian haluskan buah mentimun tadi dengan cara memarut, menumbuk atau sekedar mengirisnya. Dan yang terakhir anda dapat menempelkan mentimun yang sudah halus tersebut pada bekas luka yang ingin anda hilangkan. Lakukan cara ini dengan rutin agar bekas luka segera memudar.

2. Memberikan Olesan Madu

Madu memang terkenal sejak dahulu memiliki segudang manfaat untuk pengobatan dan perawatan kesehatan. Seperti mengurangi rasa nyeri, mendinginkan, dan juga dapat meregererasi sel yang rusak. Agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan harapan tentu yang di butuhkan juga yang berkualitas baik, yakni madu yang masih murni. Anda dapat mengoleskan bagian kulit yang mengalami luka bakar dengan madu sampai merata dan tunggu sekitar 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

3  Memberi Olesan Dari Seduhan Teh Hijau

Teh hijau mempunyai zat anti oksidan yang menghasilkan kemampuan 200 kali lebih tinggi di bandingkan yang dimiliki oleh vitamin E. Dapat meminimalisir peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak pada kulit, dan yang tak tertinggal dapat membuat bekas luka menjadi menghilang. Caranya, dengan menyeduh beberapa sendok makan teh hijau kemudian ambil  kapas atau bisa juga menggunakan handuk kecil dan celupkan pada air seduhan teh tersebut. setelah itu anda dapat mengusapkan handuk atau kapas tadi pada kulit anda yang mengalami luka yang sejak dahulu sudah di hilangkan.

4. Mengolesi Lotion Dari Daun Pare

Pare merupakan tanaman yang memiliki rasa pahit dan tidak di sukai sebagian besar orang. Namun untuk dunia kesehatan pare sangat diminati dan banyak dijadikan sebagai beberapa pengobatan. Tidak hanya buahnya saja yang digunakan, akan tetapi daunnya juga dapat memudarkan bekas luka. Caranya, siapkan segenggaman tangan daun pare yang masih segar atau baru dipetik dan sudah dicuci bersih. Kemudian haluskan daun pare tersebut, dapat dengan diblender, ditumbuk atau juga bisa dengan diremas remas. Ambil secukupnya air parasan daun pare tersebut dan campur dengan tepung beras sampai bentuknya menyerupai lotion. Oleskan campuran air daun pare yang menyerupai lotion tadi pada bagian kulit yang memiliki bekas luka. Diamkan sejenak sampai mengering kemudian bersihkan.

5. Memberikan Scrub Dari Daun Mint Pada Luka

Daun mint sekarang banyak digunakan sebagai bahan pasta gigi, permen, obat batuk dan masih banyak lagi. Tidak hanya sekedar itu, daun yang satu ini juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka bakar. Bagaimana langkah-langkahnya? Pertama, anda dapat mengambil beberapa lembar daun mint yang sudah di bersihkan. Langkah selanjutnya, haluskan daun mint sampai memiliki bentuk seperti scrub. Oleskan scrub tadi pada bagian luka yang ingin anda hilangkan.

6. Mengolesi Bekas Luka Dengan Daging Lidah Buaya

Ludah buaya banyak di temukan di indonesia dan banyak pula yang sudah membudidayakan. Hasilnya tidak sulit untuk menemukan bahan yang satu ini. berbagai macam produk yang juga menggunakan bahan ini di karenanya beragam manfaat yang di kandungnya terutama pada kulit seperti melembabkan, meregenerasi, dan tentunya menyamarkan bekas luka. Caranya sangat mudah, yakni hanya perlu mengoleskan daging lidah buaya pada kulit yang luka.

Dengan menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar akan membuat siapa yang memakainya bebas dari ancaman efek samping. Selain terbebas dari efek yang dimiliki oleh bahan kimia, dengan menggunakan bahan alami juga tidak memerlukan biaya yang banyak.