Jangan Panik, Inilah 9 Cara Mengobati Asma Saat Kambuh Secara Alami

Asma adalah penyakit saluran napas yang ditandai dengan gejala sesak napas, batuk, dan mengi. Penyakit Asma bersifat  kambuhan. Biasanya disebabkan oleh inflamasi yang dipicu oleh debu, udara dingin, serbuk sari, olah raga, infeksi paru, dan lain-lain. Tingkat keparahan asma dapat berbeda-beda pada setiap orang. Biasanya para penderita asma dibekali dengan dua jenis obat yang memiliki sifat pengontrol dan pelega. Kedua obat tersebut tersedia dalam bentuk semprotan atau inhaler. Namun, ada alternatif lain selain obat-obatan tersebut yang mampu mengatasi asma saat kambuh. Inilah 7 cara mengobati asma saat kambuh yang dapat anda coba sendiri di rumah.

1. Ramuan Bawang Putih

Bawang putih adalah rempah dapur yang sangat manjur terutama untuk asma tahap awal. Bawang putih dapat membantu organ pernafasan  menjadi lebih lega dengan mengurangi cairan atau lendir dalam organ pernafasan tersebut. Cara menggunakan ramuan bawang putih cukup mudah, yaitu :  rebuslah  2 siung bawang putih dalam 100 ml air, lalu minumlah rebusan tersebut ketika sudah dingin. Sebaiknya ramuan ini diminum saat malam hari.

2. Ramuan Jahe

Cara mengobati asma saat kambuh lainnya adalah dengan rimpang jahe. Jahe dapat menjadi obat alami untuk semua jenis asma. Jahe terbukti dapat meringankan gejala sesak nafas serta mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Cara membuat ramuan jahe ini  adalah ; Rebuslah  beberapa ruas jahe segar, lalu minumlah rebusan tersebut hangat-hangat. Minumlah ramuan ini secara rutin.

3. Menggunakan Bawang Bombay

Bawang bombay dapat menjadi salah satu cara mengobati asma saat kambuh. Bawang bombay mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.  Anda dapat memanfaatkan khasiat dari bawang Bombay ini dengan mengkonsumsi bawang bombay mentah secara rutin.

4. Ramuan Madu Dan Kayu Manis

Madu mengandung zat alami yang dapat melegakan saluran pernafasan bagi orang yang terkena asma. Selain itu, madu juga mengandung berbagai macam  nutrisi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan berbagai jenis penyakit lain. Cara menggunakan madu sebagai obat asma kambuh adalah  : campurkan satu sendok teh madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Anda dapat langsung mengonsumsi campuran tersebut atau anda dapat melarutkan campuran tersebut dengan air hangat.

5. Melakukan Senam Pernafasan

Salah satu cara mengobati  Asma saat kambuh lainnya adalah melakukan senam pernafasan. Senam pernafasan telah dikenal dapat mengurangi gejala dan serangan asma. Kegiatan senam ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Senam pernafasan berguna untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Berbagai gerakan senam dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran menjadi tenang dan mencegah stress pada  penderita asma.

6. Meminum Kopi

Meminum Kopi hitam hangat tanpa gula dapat menolong anda untuk meredakan rasa sesak pada rongga dada. Kopi terkenal dapat menangkal serangan asma.  Zat Kafein dalam kopi memiliki manfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernapasan dan melegakan saluran pernapasan. Kopi dapat membantu membuka penyempitan pada saluran pernafasan. Semakin kuat kopi yang di minum, maka akan semakin bagus untuk mengobati asma. Akan tetapi walaupun demikian, sama sekali tidak disarankan untuk meminum kopi terlalu banyak (lebih dari 3 cangkir dalam sehari). Zat kafein pada kopi juga akan membuat anda sulit tidur. Selain itu jangan jadikan kopi sebagai perawatan rutin Asma, namun  saat asma sedang kambuh saja

7. Ramuan buah Pare

Buah yang terkenal dengan rasanya yang pahit ini dapat anda gunakan untuk mengobati asma. Pare memiliki khasiat untuk mengobati asma yang kambuh. Cara memanfaatkan pare sebagai obat asma cukup mudah, sediakan 3 buah pare. Buanglah bijinya dan cuci bersih buah pare tersebut. Potong buah pare kecil-kecil. Anda bisa menumbuk atau menghaluskan pare tersebut dengan blender. Saring air pare tersebut dari ampas, lalu minumlah air pare tersebut dengan madu asli. Lakukan cara tersebut secara rutin.

8. Menggunakan Ramuan Peterseli

Daun peterseli sangat baik untuk mengobati asma. Peterseli berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat mengurangi lendir berlebihan, mengurangi sesak pada saluran nafas juga menenangkan batuk akibat asma. Cara memanfaatkan khasiat peterseli adalah : campur 2 sendok teh daun peterseli yang sudah dicacah dengan 1 cangkir air panas. Diamkan selama 15 menit lalu saring. Minum ramuan tersebut dengan madu asli hingga habis.

Cara-cara mengobati asma saat kambuh di atas dapat  anda lakukan setiap hari walaupun asma tidak sedang kambuh. Dengan melakukan cara-cara tersebut anda akan memperoleh berbagai manfaat lain. Manfaat lain yang dapat diperoleh tersebut contohnya seperti kepekaan pipa saluran napas akan berkurang sehingga penderita menjadi lebih tahan terhadap rangsangan alergen atau iritan. Apabila cara-cara diatas belum berhasil, atau anda masih merasa asma masih tetap kambuh, segera hubungi pihak medis terdekat untuk mendapat penanganan terbaik.